Bupati Situbondo Kembalikan Burung Perkutut Hadiah dari Warga

Bupati Situbondo, Karna Suswandi, saat menerima pemberian hadiah burung perkutut dari salah satu kontraktor di Situbondo. Sabtu (27/2/2021) (Foto Diana Arista)

KBRN, Situbondo : Bupati Situbondo, Jawa Timur, Karna Suswandi berencana akan mengembalikan burung perkutut yang diberikan oleh salah satu pengusaha, dalam acara Penyambutan dan Doa Bersama, Bupati dan Wakil Bupati Situbondo, periode 2021 - 2024, di Pendopo, Sabtu (27/2/2021).

"Kami akan melaporkan pemberian hadiah burung ini ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)," ujar Bupati kepada RRI, usai acara.

Karna Suswandi mengaku, jika pemberian warga itu dihawatirkan masuk gratifikasi, sebab nilai seekor burung perkutut tersebut sebesar Rp100 juta.

"Jika harus diserahkan ke negara, ya secepatnya dikembalikan, kalau bisa ya hari ini juga," tegasnya.

Sementara itu, Sekda Pemkab Situbondo, Syaifullah, selaku Ketua Panitia Penyambutan dan Doa Bersama mengaku, jika pemberian hadiah burung perkutut itu spontanitas terjadi.

"Tidak ada di rundown acara. Hanya saja sàya minta protokol menyelipkan itu di sela acara," akunya.

Kata Syaifullah, Bupati memang  langsung berinisiatif melaporkan pemberian burung tersebut kepada Kapolres setempat, yang juga hadir dalam acara. 

"Bupati langsung tanggap, kalau itu hawatir masuk gratifikasi, makanya langsung lapor ke kapolres," tegasnya. 

Pantauan RRI, usai memberikan sambutan di hadapan undangan, Bupati tiba-tiba mendapat hadiah burung perkutut dari salah satu kontraktor di Situbondo. 

Burung dengan sangkarnya itu, diserahkan kepada Karna Suswandi oleh pemiliknya, H.Muhammad. Hawatir gratifikasi, burung senilai Rp100 juta itu langsung dilaporkan ke KPK, melalui inspektorat setempat. (din/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00