Ratusan KK Terdampak Banjir dan Longsor di Jember Masih Terisolir

KBRN,Jember: Sekitar 500 Kepala Keluarga di desa Andogrejo (Bandealit), Kecamataan Tempurejo, Jember hingga hari ini, Rabu (20/01/2021), masih terisolir akibat tertutupnya akses jalan utama pasca bencana banjir dan tanah longsor melanda kawasan itu beberapa hari kemarin.

Warga saat ini memilih tetap bertahan di rumah masing-masing kendati tidak dapat beraktifitas seperti hari biasa sehingga sangat bergantung distribusi bantuaan dari pihak Pemerintah Daerah untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Oleh sebab itu, bantuaan logistik dari berbagai pihak baik bantuan dari Kementerian Sosial, Pemerintah Daerah, Badan Usaha maupun pihak swasta terus didstribusikan melalui pihak BPBD dan relawan yang dipusatkan di Balai Desa Wonoasri, Kecamatan Tempurejo.

Kepala BPBD Jember, Mat Satuki mengatakan setiap hari tim BPBD bersama relawan mendistribusikan sedikitnya 1.500 nasi bungkus langsung kerumah-rumah warga terdampak banjir dan tanah longsor yang ada di beberapa desa. 

"Untuk kondisi air yang beberapa hari kemarin sempat mengenanggi pemukiman sudah surut, namun di beberapa titik ada longsoran-longsoran baru yang menutup akses jalan sehingga aktifitas masyarakat lumpuh," ujaranya ditemui RRI di posko bencana banjir di balai desa Wonoasri.

Selain 2 titik longsoran sebelumnya, dari pemetaan pihak BPBD Jember juga terdapat 4 titik longsoran baru yang mengakibatkan terputusnya akses jalan menuju kawasan Bandealit dan membuat warga dikawasan itu terisolir.

"Hari ini Bupati Jember bersama Dandim, 0824 Jember, Kapolres Jember dan Tim BPBD turun untuk meninjau sekaligus menyalurkan bantuaan secara langsung ke rumah-rumah warga di kawasan Bandealit" terang Satuki.

Selain menyalurkan bantuaan logistik bagi warga terdampak banjir dan longsor di sejumlah Desa,Kecamataan Tempurejo, Tim BPBD Jember bersama relawan juga fokus untuk melakukan pembersihan material longsoran yang masih menghalangi akses jalan agar aktifitas warga bisa segera kembali normal.

"Sampai hari ini untuk kebutuhan logistik guna membantu warga terdampak yang dihimpun dari berbagai pihak di posko balai desa wonoasri, alhamdulillah sangat mencukupi dan setiap hari kita salurkan langsung kerumah-rumah warga," pungkasnya. (GL/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00