Dalam Sepekan, Jumlah Kasus COVID-19 di Situbondo Tembus 179

Saya Sebaran Satgas Penanganan COVID-19 Situbondo, per 29 November 2020.

KBRN, Situbondo : Dalam sepekan terakhir, perkembangan COVID-19 di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur sangat mengkhawatirkan. 

Menurut juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 di Situbondo, Ahmad Yulianto, kenaikan jumlah kasus positif virus corona cukup signifikan untuk penyebaran lebih luas lagi.

"Tambahan kasus positif COVID-19 selama sepekan tembus 179 orang," ujarnya kepada RRI, Senin (30/11/2020).

Yulianto mengemukakan, kondisi ini tidak ditemukan di awal pandemi COVID-19, dimana kasus positif saat itu pergerakannya sangat lambat. 

"Waktu itu tingkat disiplin masyarakat menerapkan protokol kesehatan sangat bagus. Bahkan ada pembatasan tempat-tempat berkerumun untuk dibuka," urainya.

Namun memasuki era "New Normal" atau kehidupan baru, masyarakat mulai abai menerapkan protokol kesehatan. Kerumunan di beberapa tempat masih terjadi, dan sarana mencuci tangan mulai ditinggalkan.

"Di era new normal ini, orang-orang lebih leluasa melakukan kegiatan yang menimbulkan kerumunan. Banyak sarana tempat cuci tangan yang sudah tidak bisa digunakan," ungkapnya.

Merespon hal ini, Satgas Penanganan COVID-19 akan memperketat operasi penerapan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak,  dan mencegah terjadinya kerumunan.

"Kita ingatkan lagi tentang penerapan protokol kesehatan, baik di perkantoran, pertokoan, dan fasilitas umum lainnya yang mulai kendor," beber Yulianto. 

Sementara data sebaran Satgas Penanganan COVID-19 Situbondo pada 29 November 2020, kasus positif terinfeksi virus corona tembus angka 1.073 orang, 842 diantaranya sembuh, 90 orang meninggal dunia, dan 141 dalam perawatan. (din/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00