Libur Panjang, Kenaikan Jumlah Pengunjung Wisata Pasput Capai 30 Persen

Pengunjung Wisata Bahari Pasir Putih, mencuci tangan dengan sabun sesaat setelah masuk area wisata. Rabu (28/10/2020) (Foto Diana Arista).

KBRN, Situbondo : Pengunjung Wisata Bahari Pasir Putih, Situbondo, Jawa Timur, meningkat 30 persen dibandingkan hari biasa sebelum memasuki libur panjang.

Hal ini ditegaskan oleh Direktur Perusahaan Daerah Pasir Putih, Yasin Ma'shum. Katanya, jumlah pengunjung di hari pertama liburan mencapai 881 orang.

"Hari biasa sebelum memasuki liburan, jumlah pengunjung sekitar 490 orang, tapi mulai hari ini ada kenaikan sekitar hampir 400 orang," ujar Yasin Ma'shum saat dihubungi RRI melalui telepon selulernya, Rabu (28/10/2020).

Jumlah pengunjung ini diprediksi akan terus bertambah, mengingat libur panjang dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW masih berlangsung lama.

"Mungkin kenaikannya bisa mencapai hingga 70 persen," imbuhnya.

Yasin mengemukakan, Wisata Bahari Pasir Putih sudah mulai dibuka sejak 4 September 2020, setelah dinyatakan lolos dalam uji coba yang dilakukan oleh Satgas COVID-19.

"Sebelum dibuka, ada assesment dari Satgas COVID-19. Akhirnya kita dibolehkan beroperasi, namun ada batasan," bebernya.

Pengelola Pasir Putih harus membatasi jumlah pengunjung yang berada di area wisata Pasir Putih, maksimal 840 orang, dalam waktu yang bersamaan. Oleh karenanya, penjagaan secara ketat dilakukan di lima pintu masuk area wisata.

"Misalnya seperti yang terjadi hari ini. Mulai  pagi hingga pukul 10.00 WIB ada 830 pengunjung yang masuk area wisata. Jadi kita tahan sementara waktu untuk tidak menambah pengunjung, sampai ada yang pulang," ungkap Yasin.

Selain pembatasan pengunjung, penerapan protokol kesehatan lainnya seperti menggunakan masker, pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan, dan tidak berkerumun, juga menjadi syarat beroperasinya kembali wisata milik Pemerintah Daerah ini. 

"Masker itu standar utama kita. Pengunjung tidak bermasker dilarang masuk, termasuk yang suhu tubuhnya di atas 37,5," imbuh Yasin. 

Berdasarkan pantauan RRI, Wisata Bahari Pasir Putih yang berada di jalur Pantura Situbondo ini, ramai dikunjungi. Tak hanya warga Situbondo, namun juga pengunjung dari luar daerah, diantaranya, Jember, Probolinggo, Pasuruan, Malang, dan Surabaya. (din/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00