Dispenduk Banyuwangi Terapkan Layanan Online Selama Pandemi Covid-19

KBRN, Banyuwangi : Untuk mempermudah pelayanan warga disaat pandemi Covid-19, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Banyuwangi, terapkan layanan online dalam pengurusan administrasi kependudukan (adminduk). Layanan online tersebut sebagai upaya untuk mengurangi tatap muka antar petugas, dengan masyarakat selama pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Banyuwangi, Djuang Pribadi, mengatakan kebijakan physical distancing selama pandemi Covid-19, Dispenduk  membuat layanan online melalui WhatsApp dan layanan smart kampung yang sudah tersebar di desa -desa, sehinga warga cukup mengupload seluruh berkas yang dibutuhkan.

"Di masa pandemi, masyarakat tidak perlu datang ke Kantor, cukup ke kantor desa, atau menghubugi nomor Whatapps kami, Sehingga mempermudah dan mempercepat mengurus adminduk, " kata Djuang, Selasa (27/10/2020).

Selain nomor WhatsApp khusus untuk pengurusan berbagai administrasi kependudukan, Dispenduk juga menyediakan nomor khusus untuk konsultasi, bagi masyarakat yang bertanya berbagai persyaratan yang dibutuhkan saat akan mulai melakukan pengurusan berbagai administrasi lainnya.

Sebagai informasi kebijakan Dispenduk Banyuwangi di era pandemi ini, sudah sinkron dengan perubahan peraturan adminduk, Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 109 Tahun 2019, tentang Formulir dan Buku yang digunakan dalam Administrasi Kependudukan, pencetakan dokumen adminduk (kecuali KTP-el dan KIA) tidak lagi menggunakan blanko seperti yang sebelumnya, namun diganti dengan kertas HVS A4 80 gram berwarna putih. Dokumen diterbitkan dengan menggunakan sistem Tanda Tangan Elektronik (TTE) dalam bentuk QR code. Dokumen yang terbit sebelumnya masih berlaku dan tidak perlu diganti apabila tidak ada perubahan data hilang atau rusak.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00