Ratusan Personil Gabungan Siap Hadapi Bencana Hidrometeorologi

KBRN, Banyuwangi : Ratusan personil gabungan, mulai TNI Polri, BPBD, Basarnas, serta relawan kebencanaan, disiapkan, untuk menghadapi kemungkinan terjadinya bencana Hidrometeorologi. Persiapan tersebut ditandai dengan Apel Gelar Kesiapan Pasukan dan Perlengkapan Penanganan Bencana Hidrometeorologi, yang diselenggarakan di Taman Blambangan, Rabu (21/10/2020).

Bupati Banyuwangi Abdulah Azawar Anas mengatakan, potensi bencana alam di Banyuwangi sangat beragam, mulai dari letusan gunung api, gempa bumi, dan tsunami, dan Banyuwangi juga berpotensi mengalami bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, hingga kekeringan.

“Apel ini merupakan bagian dari kesiapsiagaan kita dalam mitigasi maupun penanggulangan bencana hidrometeorologi di Banyuwangi. Namun demikian, ada bencana maupun tidak, kita tetap siaga dan siap,” ungkap Bupati Anas, Rabu (21/10/2020).

Sementara itu, Dandim 0825 Letkol Inf. Yuli Eko Purwanto memastikan, saat ini seluruh instansi terkait di Banyuwangi telah siap siaga dalam penanggulangan bencana, selain itu  seluruh sarana dan prasarana yang diperlukan untuk mitigasi dan penanganan bencana telah disiagakan di Banyuwangi.

“Jika sewaktu-waktu ada kejadian bencana, kita siap bergerak kapan saja, ditambah lagi segala perlengkapan juga sudah ready, bahkan pemkab juga telah membikin pos pantau terpadu di kantor BPBD,” ungkap Dandim Yuli Eko Purwanto, Rabu (21/10/2020).

Apel kesiapsiagaan ini dapat meningkatkan pemahaman seluruh elemen terkait tentang penanganan bencana yang terjadi, sehingga proses evakuasi dan penanganan pada saat dan pasca bencana alam  dapat dilakukan dengan kompak dan cepat.

Sebagai informasi potensi terjadi bencana Hidrometeorologi di Banyuwangi ada 10 kecamatan yang berpotensi mengalami banjir, dan 13 kecamatan berpotensi terjadi longsor, dan BPBD sudah membentuk tim reak cepet yang tersebar didaerah rawan tersebut, sehingga penaganannya bisa cepat dilakukan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00