Masyarakat Banyuwangi Antusias Buktikan Fenomena Kulminasi

KBRN, Banyuwangi : Fenomena Kulminasi atau hari tanpa bayangan  kembali terjadi di wilayah Kabupaten Banyuwangi, Rabu (14/10/2020). Fenomena ini terjadi sekitaran pukul 11.00 WIB, dimana  sejumlah masyarakat mencoba membuktikan femonena ini dengan menaruh sejumlah benda di bawah terik matahari. 

Seperti yang dilakukan oleh Taufik Ferdiansyah, yang membuktikan fenomena kulminasi, dengan menaruh botol hand sanitizer di bawah terik matahari. Menurut Taufik botol yang ditaruh dibawah terik matahari tersebut benar - benar, tidak ada bayangannya.

"iya ternyata benar, barusan saya buktikan, mulai botol hand sanitizer, kemudian gelas yang saya isi air, semuanya tdak teerlihat bayangannya," ungkap Taufik, Rabu (14/10/2020).    

Sementara itu prakirawan BMKG Banyuwangi, Gigik Nurbaskoro,  mengatakan kulminasi utama matahari terjadi saat posisi matahari tepat berada di paling tinggi dari langit dan rotasi bumi tidak tepat berhimpit. 

"Kulminasi sendiri artinya posisi matahari berada di tepat di atas kepala kita. Titik tertinggi di bumi kulminasi di suatu wilayah adalah hari tanpa bayangan kepada objek di bumi, dan pada hari ini terjadi mulai pukul 11:08 WIB," ujarnya Gigik Nurbaskoro, Rabu (14/10/2020).

Adanya Fenomena kulminasi ini, BMKG meminta kepada masyarakat lebih waspada jika pada siang hari, dan hendaknya mengkonsumsi air minum lebih banyak agar tidak dehidrasi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00