Puluhan Rumah Korban Abrasi Tempursari, Sudah Mendapatkan Ganti

KBRN Lumajang : Puluhan Rumah warga yang terdampak Abrasi di pantai selatan Kecamatan Tempursari Lumajang Jawa Timur saat ini sudah mendapatkan ganti dari Pemerintah Daerah Lumajang.

Menurut Setyawan Purnomo, ST Kepala Bidang Kedaruratan rehabilitasi dan rekonstruksi  BPBD Lumajang sejauh ini sudah melakukan tinjauan lokasi bersama Bupati Lumajang terkait relokasi rumah warga pada Kawasan Desa Buluh Rejo Tempursari Lumajang.

Setelah dialog Opini dan Aspirasi - Opsi bersama Wabup Lumajang di RRI Jember, pihak desa dan BPBD serta Pemerintah Desa dan Perhutani Lumajang langsung mengambil langkah kongkrit masing masing warga sebanyak 65 Rumah Warga sudah mendapatkan kapling Rumah dengan ukuran 7 kali 14 meter dan warga sudah menerima.  

"Alhamdulilah Ini berkat kerja sama semua pihak pada akhirnya segera terealasisasi Rumah warga korban abrasi sudah mendapatkan ganti, "jelasnya Selasa (22/09/2020)

Yang menjadi pekerjaan yang harus segera diselesaikan saat ini yakni warga meminta fasilitas air dengan listrik, sedangkan untuk listrik tidak ada masalah karena berdasarkan data di PLN lama masing masing warga sudah pernah mendapatkan fasilitas listrik. 

Akan tetapi fasilitas air untuk kebutuhan sehari hari untuk tahun ini masih belum bisa dan dimungkinkan pada tahun mendatang akan menggunakan Pamsimas yakni bisa mengunakan mata air yang dari atas gunung ataukah memakai Sumur Bor

"Setelah kita berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk sesuai petunjuk Bupati dan Wakil Bupati Kami bergerak cepat, dan Alhamdulilah sebanyak 65 Rumah warga saat ini sudah terealisasi dapat ganti rumah dan lahan, "Katanya

Lahan yang dipakai rumah warga yakni lahan oloran dan lahan perhutani luas lahan secara keseluruhan seluas 1,5 hektar dengan status Hak Pakai. 

Seperti yang telah diberitakan RRI sebelumnya Puluhan Rumah warga di Kawasan Kecamatan Tempursari Lumajang Jawa Timur rusak parah akibat abrasi keganasan pantai selatan Lumajang. KA

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00