Pemkab Bondowoso Tuntaskan Pembangunan Website Desa

KBRN, Bondowoso: Dinas Komunikasi Dan Informasi Pemkab Bondowoso secara bertahap mengembangkan jaringan dan website tingkat desa. Sekretaris Diskominfo, Dwi Wahjudi menerangkan, tahap pertama telah dibangun di 70 Desa, tahap kedua 78 Desa dan tahap ketiga sebanyak 58 Desa.

" Harapan kami di seluruh desa 2020 sudah terpasang semua jaringan tersebut," katanya usai Sosialisasi Website Desa dan Jaringan Kominfo, di Sabha Bhina, Kamis (17/9/2020).

Dengan begitu, website desa diharapkan bisa dimanfaatkan oleh desa untuk berbagai kegiatan seperti pelaporan program pembangunan. Selain itu, keberadaan website juga bisa diisi konten potensi produk unggulan desa serta inovasi-inovasi lainnya.

" Kami mengundang Bappemas untuk berkolaborasi. Karena tujuannya sama membangun desa melalui ITnya," paparnya.

Saat ini, pihaknya akan memberikan bimbingan teknologi terhadap para operator desa untuk mengoperasikan website tersebut. Menurutnya, melalui Dana Desa (DD) website tersebut bisa dioptimalkan oleh pemerintah desa agar bisa berkesinambungan.

" Masyarakat dalam hal ini semakin melek teknologi. Nggak gaptek," tambahnya. 

Masyarakat desa setempat, lanjutnya, saat ini bisa memanfaatkan website desa sebagai media promosi usaha untuk memasarkan produk unggulannya.

Untuk memperkuat dan memelihara jaringan, pihaknya menggandeng sebuah vendor. Pasalnya, 98 persen semua kawasan di Bondowoso telah terkoneksi jaringan untuk mengakses website tersebut. (san/pw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00