35 Karyawan PT PMMP yang Sembuh dari COVID-19 Kembali Bekerja

Karyawan PT PMMP yang sembuh dari COVID-19, mengikuti acara tasyakuran di halaman belakang pabrik. Sabtu (8/8/2020) (Foto Diana Arista).

KBRN, Situbondo : Puluhan karyawan PT Panca Mitra Multi Perdana (PMMP) Situbondo, yang terkonfirmasi positif COVID-19, sudah kembali bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan udang itu.

Manajer HRD dan General Affair PT PMMP, Eko Kridarso mengaku, dari 40 orang karyawan yang sebelumnya dinyatakan positif COVID-19, 35 orang diantaranya dinyatakan sembuh dan kembali bekerja.

"Mereka telah menjalani isolasi dan karantina. Sesuai komitmen perusahaan, maka yang terpapar akan kami terima kembali bekerja, tidak diberhentikan," ujar Eko Kridarso, di sela acara penyambutan terhadap karyawan yang sudah kembali masuk kerja, Sabtu (8/8/2020).

Eko menyangkal, jika perusahaan pengolahan udang di Desa Landangan Kecamatan Kapongan itu, menjadi klaster penularan COVID-19, justru perusahaan tersebut tertular dari orang luar pabrik, yang berprofesi sebagai sopir bagi karyawan asal Bondowoso.

"Yang perlu kami sampaikan kepada masyarakat, bahwa pabrik udang menjadi klaster penularan COVID-19, itu kurang tepat. Karena kita lakukan swab terhadap seluruh karyawan, tujuannya untuk mengetahui yang terpapar virus corona," beber Eko.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Situbondo, Ahmad Yulianto, yang juga hadir dalam acara penyambutan karyawan PT PMMP, mengaku, bahwasanya dari 40 karyawan yang positif virus corona, 35 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh.

"Dari 140 orang yang dilakukan tes swab, 40 orang diantaranya positif COVID-19. Dan 35 orang sudah dinyatakan sembuh. Sedangkan 5 orang sisanya, masih dalam perawatan, namun kondisinya terus membaik," terang Plt Kepala Dinas Kesehatan itu.

Yulianto mengimbau, agar pihak perusahaan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat, sehingga potensi penularan bisa ditekan, bahkan dihentikan.

"Termasuk juga menjaga jarak saat berada di dalam kendaraan yang khusus melakukan antar jemput terhadap karyawan pabrik udang," katanya.

Diinformasikan sebelumnya, sekitar 200 karyawan PMMP dinyatakan positif COVID-19. Mereka merupakan warga Bondowoso dan Situbondo, dengan rincian, 40 orang dari Situbondo, selebihnya dari Bondowoso.

Sekitar 98 persen karyawan yang mayoritas tanpa gejala itu, sudah dinyatakan sembuh, namun belum semua kembali bekerja, lantaran menambah masa karantina selama seminggu, dari yang ditentukan gugus tugas.

"Secara bertahap mereka akan kembali bekerja, masih menunggu tambahan masa karantina," imbuh Eko Kridarso.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00