PT. Salem Tak Terapkan Protokol Kesehatan, 15 Karyawan Asal Bondowoso Terinfeksi Corona

Sekda Bondowoso, Syaifullah SE.

KBRN, Bondowoso: Sebanyak 15 warga Bondowoso dinyatakan positif terpapar virus Corona atau Covid-19 di PT. Panca Mitra Multi Perdana dan PT. Tri Mitra Makmur (Salem) Kabupaten Situbondo.

Mereka dinyatakan positif setelah dilakukan pemeriksaan Swab pada tanggal 24 Juli 2020 lalu. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Bondowoso, Syaifullah SE., langsung mengumpulkan para Camat untuk berkoordinasi menangani masalah tersebut. Bahkan Syaifullah memastikan bahwa perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan ikan tersebut tidak menerapkan protokol kesehatan. 

Indikatornya, bis pengangkut karyawan yang seharusnya memuat 34 penumpang, ternyata lebih dari itu. Para karyawan juga banyak yang tidak menggunakan masker ketika di dalam bis, baik saat berangkat hingga pulang kerja.

" Ketiga, tidak ada keinginan dari PT. Salem berangkatnya dari mana disemprot dulu. Andaikan memberitahu saja kepada kita, kita akam lakukan," terangnya saat dikonfirmasi awak media, di ruang kerjanya, Selasa (28/7/2020).

Untuk itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Sekda Situbondo dan memutuskan PT. Salem menonaktifkan karyawan yang terpapar Covid-19. Namun, perusahaan akan memberikan bantuan sembako kepada mereka.

" Saya sudah minta teman-teman Camat. Yang betul-betul berada dibawah garis kemiskinan kita akan bantu juga melalui BPBD," urainya. 

Menurutnya, total karyawan pabrik ikan tersebut sebanyak 1.705 orang. Sehingga, tidak mungkin karyawan sebanyak itu diberhentikan. Untuk itu, Syaifullah meminta Pemkab Situbondo agar benar-benar serius menyelesaikan masalah ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso, Dr. M. Imron, menjelaskan, kini belasan pasien positif itu dirawat di RSUD Koesnadi dan Klinik Paru di Pancoran. 

Dilanjutkan oleh Imron, tercatat bahwa jumlah warga Bondowoso yang bekerja di perusahaan itu mencapai 1.705 orang. Mereka setiap hari dijemput dengan bus. 

Dari jumlah itu, sebanyak 757 orang telah dirapid, dan 167 orang reaktif. 

"Yang reaktif ini melakukan isolasi mandiri,"ujarnya.

Untuk informasi, jumlah pasien positif Covid-19 di Bondowoso hingga 27 Juli 2020 bertambah menjadi 51 orang. Dari jumlah itu, 35 diantaranya dinyatakan sembuh, satu orang meninggal, sementara 15 orang sisanya merupakan pasien terkonfirmasi positif baru. (san/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00