19 Orang Penyelenggara Pilkada Situbondo Ikuti Swab Test

Penyelenggara Pilkada saat mengikuti rapid test di Kantor KPU Situbondo. (Foto Diana).

KBRN, Situbondo : Hasil rapid test yang dilakukan terhadap 2.200 orang penyelenggara Pilkada di Situbondo, Jawa Timur, mulai tingkat kecamatan hingga desa, 19 orang diantaranya dinyatakan reaktif.

Ketua KPU Situbondo, Marwoto, membenarkan hal tersebut, dan mengaku, telah mengambil langkah tegas dengan mengganti petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang dinyatakan reaktif.

"Yang reaktif 9 orang diantaranya adalah adalah petugas PPDP yang akan mulai melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih pada tanggal 15 Juli besok," ujar Marwoto kepada RRI, Senin (13/7/2020).

Sementara 10 orang sisanya, adalah Petugas Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa dan Petugas Pemilih Kecamatan (PPK) di tingkat kecamatan. Mereka tidak diganti namun harus melakukan isolasi mandiri sembari menunggu hasil tes swab.

"PPS dan PPK masih belum melakukan aktivitas tatap muka, jadi kita tolerir agar menjalni isolasi mandiri dulu, sembari menunggu hasil swab," tegas Marwoto.

Swab terhadap 19 orang petugas yang dinyatakan reaktif, akan dilakukan hari ini, di Rumah Sakit Mitra Sehat, Situbondo. Karena masih ada penyelenggara yang baru melakukan rapid test.

"Kita akan tunggu hasil rapid test penyelenggara yang menyusul hari ini, misal ada yang reaktif kita akan lakukan swab bersama dengan yang reaktif kemarin," bebernya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan, Yulianto, mengaku sudah mengantongi nama-nama petugas KPU yang hasil tes cepatnya dinyatakan reaktif. Mereka berasal dari zona merah, yang memang rentan terpapar virus corona.

"Yang reaktif sudah menjalani isolasi mandiri secara ketat. Mereka terus kami pantau," ujarnya.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, akan melakukan swab terhadap 19 orang tersebut, pada sore nanti. Sebagai langkah preventif untuk menekan penyebaran virus corona di Situbondo.

"Kita akan lakukan swab bersama-sama dengan penyelenggara Pilkada yang hari ini masih ada yang melakukan rapid test. Mungkin sore nanti swab kami lakukan," bebernya.

Diinformasikan RRI sebelumnya, sebanyak 2.200 penyelenggara Pilkada mulai dari tingkat desa sampai kecamatan, mengikuti rapid test di halaman KPU Situbondo.

Hasil rapid test diumumkan pada Kamis, 9 Juli 2020. 19 orang diantaranya dinyatakan reaktif. ke-19 petugas tersebut terdiri dari petugas PPDP, PPK, dan PPS. (din/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00