Rakor Raperda Tatanan Hidup Baru Kabupaten Bondowoso Cakup 30 Pasal

Rakor Forkopimda Persiapan Menuju Tatanan Kehidupan Baru

KBRN, Bondowoso: Pemkab Bondowoso terus menggodok aturan ketertiban umum dalam upaya penerapan tatanan kehidupan baru. Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat, menjelaskan pembahasan Peraturan Bupati (Perbup) terdapat sekitar 30 pasal. 

Menurutnya, pembahasan Perbup bertujuan untuk mendapatkan masukan di bidang masing-masing.  " Perbup ini mengikat semua elemen masyarakat, jadi harus pasal per pasal, kata perkata yang harus dibahas. Jangan sampai salah," terangnya usai rapat koordinasi Pembahasan Rancangan Peraturan Bupati Bondowoso tentang Pedoman Penerapan Tatanan Kehidupan Baru Kegiatan Kemasyarakatan, Kamis (9/7/2020) di Pendopo Bupati Bondowoso. 

Sektor perdagangan, pariwisata, dan keagamaan menjadi pembahasan awal dalam rakor tahap pertama. Namun, hanya sektor keagamaan yang baru mendapat kesepakatan dari para tokoh agama dan siap untuk disosialisasikan kepada masyarakat. (san/dyt)

" Tinggal bidang pariwisata. Informasinya sudah diundang para stakeholdernya. Bidang perdagangan juga begitu," paparnya. 

Dalam pembahasan Raperda tersebut, terdapat beberapa penambahan pasal dan bab mengenai pengaturan pelaksanaan penertiban. Karena, kata Wabup, TNI-POLRI sebagai salah satu pelaksana, yang sudah tercantum dalam ketentuan umum, malah tidak tercantum dalam isi.

Jika nantinya Perbup tersebut resmi ditandatangani Bupati, maka segera disosialisasikan kepada seluruh kecamatan di Bondowoso.

Lebih jauh, Wabup menambahkan, banyak masyarakat menganggap Bondowoso sudah menerapkan tatanan kehidupan baru, namun faktanya, banyak yang tidak menerapkan protokol kesehatan seperti yang diatur pemerintah. 

" Buktinya banyak yang tidak pakai masker, banyak yang kumpul-kumpul, tidak jaga jarak," pungkasnya. (san)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00