Pemkab Bondowoso Bentuk Satgas Pemberantasan Objek Pajak Tak Berijin

Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat

KBRN, Bondowoso: Pemerintah Kabupaten Bondowoso akan melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi dalam upaya peningkatan pajak daerah. Untuk itu, Pemkab membentuk Satuan Tugas (Satgas) khusus untuk menertibkan beberapa objek pajak tak berijin. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh upaya Pemkab untuk mengoptimalkan pendapatan daerah.

Hal tersebut ditegaskan oleh Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat usai rapat koordinasi antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang merupakan dinas penghasil dengan Bapenda, Senin (6/7/2020), di ruang rapat Sabha Bina Praja Pemkab Bondowoso. 

Dalam rakor tersebut ditemukan beberapa data yang berbeda antara objek pajak menurut Bappenda dengan data Dinas Perijinan. Wabup Irwan menjabarkan bahwa objek pajak tak berijin tersebut akan ditertibkan oleh Satpol PP seperti pajak reklame.

" Ada titik-titik berijin ada titik-titik yang sudah tidak berijin. Artinya sudah mati tidak diurus oleh vendornya," jelasnya kepada RRI. 

Sesuai dengan peraturan daerah (Perda), ketika objek pajak tidak lagi diperpanjang oleh vendor, maka akan menjadi aset daerah. Sehingga sewa dan pajaknya menjadi kewenangan pemerintah daerah. 

" Utamanya pajak reklame tak berijin, apakah dilakukan pemotongan ataukah nanti akan dikelola oleh daerah," terangnya. 

Lebih jauh Wabup menjelaskan, pandemi Covid-19 mempengaruhi keberhasilan Pemkab dalam menerapkan pendapatan pajak. Menurutnya, penurunan di sektor pendapatan pajak cukup besar yakni 30 persen lebih dibanding sebelum terjadi pandemi.

Tidak hanya reklame, namun objek pajak lainnya juga yang tak berijin terjadi di sektor UMKM, pajak dan penggunaan air bawah tanah, Ijin Mendirikan Bangunan, pariwisata hingga parkir kendaraan.

" Nanti kita akan lakukan optimalisasi dengan strategi intensifikasi dan ekstensifikasi. Sehingga pada APBD 2021 minimal sudah mendekati normal," pungkasnya. (san)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00