Pembangunan Masjid Di Tengah Pandemi, Operasional Tunggu Hingga Corona Usai

Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin letakkan batu pertama pembangunan masjid.

KBRN, Bondowoso: Ketua PCNU Kabupaten Bondowoso, KH. Abdul Qodir Syam menegaskan, pembangunan masjid di tengah pandemi Corona tidak terdapat hal yang mengganggu karena tidak terjadi kerumunan. Bahkan, kalaupun pembangunan masjid selesai saat masa pandemi, akan dioperasikan setelah pandemi Corona berakhir dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

" Ya, mungkin sampai selesai pandemi. Yang penting bangunan ini sudah siap untuk dilaksanakan," katanya usai peletakan batu pertama oleh Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin, di JL. Mayor Jenderal MT Haryono, No. 45-B, Badean, Pattian, Kotakulon, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Senin (6/7/2020).

Abdul Qodir berharap dengan dibangunnya masjid baru mampu menjadikan karakter masyarakat dalam menjalankan ajaran agama lebih baik. Karena menurutnya, baiknya sebuah negara terlihat dari kebaikan sebuah keluarga dari individu masing-masing.

" Karena dengan itu, saya kira akan menjadi baik semuanya. Maka dari situ akan terbangun kebaikan untuk semuanya," terangnya.

Tidak hanya sebagai tempat ibadah, lanjutnya, pendidikan di lingkungan masjid tidak harus formal. Dan hal itu juga akan diterapkan di masjid yang diperkirakan memiliki daya tampung sekitar 500 jamaah.

" Kita akan bangun aula Nahdlatul Ulama. Sehingga nanti kalau ada kebiasaan akad nikah di masjid mungkin resepsinya di aula," tambahnya. 

Di tempat yang sama, Pemkab Bondowoso juga akan memberikan dukungan penuh pembangunan masjid. Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin mengatakan akan memberikan dukungan pendanaan dan akan mendaftarkannya ke Dewan Masjid Indonesia (DMI).

" Diharapkan masyarakat sekitar sini dapat menggunakan masjid terdekat. Jadi disini mendekatkan ke masyarakat," pungkasnya. 

Dari pantauan RRI,  Bupati Salwa meletakkan batu pertama sebagai tanda simbolis pembangunan awal masjid. Selain Bupati, turut hadir Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz, Dandim 0822 Bondowoso Letkol Inf. Jadi dan Ketua DPRD Bondowoso Ahmad Dhafir. (san/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00