Peringatan HAM Sedunia, Pemkab Bondowoso Raih Predikat Kabupaten HAM 2019

KBRN, Bondowoso: Bertepatan dengan Hari Hak Asasi Manusia Internasional yang jatuh pada tanggal 10 November 2019, Pemerintah Kabupaten Bondowoso meraih predikat Kabupaten Hak Asasi Manusia dari Kementrian Hukum dan HAM. Penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati Salwa Arifin, Selasa (10/12/2019), di Gedung Merdeka, Bandung. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Bondowoso Syaifullah, penghargaan tersebut diberikan terhadap daerah kabupaten atau kota yang dinilai peduli terhadap Hak Asasi Manusia. Kriterianya meliputi hak atas kesehatan, pendidikan, perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak, serta lingkungan uang berkelanjutan. 

"Kriterianya itu diatur sudah dalam peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 34 tahun 2016," Jelasnya pada Memo Indonesia. 

Kata Sekda, untuk mendapatkan penghargaan ini Bondowoso harus melewati penilaian terhadap capaian kinerja selama tahun 2019. Diantaranya, penilaian terhadap capaian kinerja struktur yang meliputi produk hukum dan penganggaran. Kemudian, capaian kinerja proses yang penilaiannya berdasarkan pada program kegiatan ketersedian dan pemenuhan. 

"Terakhir ada penilaian terhadap hasil yang dimaksudkan berkaitan dengan out put kegiatan. Utamanya untuk pemenuhan program kegiatan berbasis HAM," katanya.

Untuk itu dia berharap dengan diterimanya penghargaan tersebut akan semakin memperkuat komitmen Pemkab, melalui OPD dalam menajamkan program kegiatan berbasis HAM. 

" Ini jadi semangat sekaligus motivasi terhadap Pemkab Bondowoso, melalui OPD dalam menajamkan program kegiatan berbasis HAM," pungkasnya.(san/pw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00