Mulai 2011, 1.700 Mahasiswa Dapat Beasiswa Banyuwangi Cerdas

KBRN, Banyuwangi : Program Banyuwangi Cerdas yang dirilis sejak tahun 2011, mampu memberikan beasiswa kepada 1700 mahasiswa Banyuwangi, yang kuliah dibeberapa perguruan tinggi. Dari jumlah tersebut pemkab Banyuwangi sudah menggelontorkan total anggaran hingga Rp37,29 Miliar, untuk membiayai masyarakat Banyuwangi berprestasi maupun yang kurang mampu.  

Muhammad Yusuf Hidayat salah satunya, mahasiswa Universitas Jember angkatan 2019 jurusan Ekonomi Pembangunan yang tinggal di Kelurahan Pakis, Kecamatan Banyuwangi tersebut mengaku senang bisa mendapatkan beasiswa Banyuwangi Cerdas, awalnya Ia sudah tak bermimpi untuk kuliah melihat latar belakang ekonomi keluarga.

"Melihat kondisi orang tua yang sudah sepuh, sepertinya saya tidak ada harapan untuk kuliah, dan saya berpikir akan lanjut kerja. Untungnya, dapat informasi ini, terus saya mencoba dan alhamdulillah lolos," ungkap Yusuf Hidayat saat di kunjungan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestaiadani di rumahnya, Kamis (18/8/2022).

Yusuf Hidayat mengaku saat ini sedang menjalani KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Situbondo, dan Ia bertekad bisa segera menyelesaikan kuliahnya di Universtias Jember, sehingga bisa menjadi modal untuk melamar pekerjaan.

"Saat ini sedang KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Situbondo, mohon doanya semoga bisa lancar dan bisa segera menyelesaikan kuliah saya," tambah Yusuf.

Bupati Ipuk menyebutkan, program beasiswa Banyuwangi Cerdas sebagai ikhtiar untuk mewujudkan kemerdekaan pendidikan bagi anak bangsa, dan memberikan kesempatan warga yang kurang mampu di Banyuwangi, untuk bisa mengenyang pendidikan hingga perguruan tinggi.

"Ini iktiar kami dalam meningkatkan SDM di Banyuwangi, melalui Program Banyuwangi Cerdas," ungkap Bupati Ipuk, Kamis (18/8/2022).

Program Banyuwangi Cerdas tersebut, diinisiasi sejak 2011. Setiap tahunnya terus bertambah. Di masa kepemimpinan Bupati Ipuk sendiri, program ini terus dipertahankan. Beasiswa Banyuwangi Cerdas dikembangkan menjadi dua skema, yaitu beasiswa penuh selama empat tahun dan beasiswa insidentil yang diberikan sekali selama masa perkuliahan. Total Pemkab Banyuwangi telah mengucurkan Rp37,28 miliar untuk program ini, dengan sasaran lebih dari 1.700 mahasiswa.

Program beasiswa Banyuwangi Cerdas tersebut berlaku bagi sejumlah kampus yang telah menjalin kerjasama. Di antaranya adalah Universitas Negeri Jember, Universitas Negeri Islam KH Achmad Siddiq Jember, Universitas Terbuka, ISI Surakarta, dan Universitas Negeri Hindu di Bali. (sum/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar