Rayakan HUT RI, Lanal Banyuwangi Kibarkan Merah Putih di Dasar Laut

KBRN, Banyuwangi : Puluhan penyelam dari Pangkalan TNI AL (Lanal), Satpol Air, Basarnas, dan pegian lingkungan, menggelar peringatan upacara bendera, peringatan Hari Ulang Tahun kemerdekaan Indonesia ke 77 tahun di kedalaman 17 meter, Selat Bali, Rabu (17/8/2022). Pengibaran bendera Merah Putih dikawasan konservasi Bangsring Underwater, yang berada kecamatan Wongsorejo Banyuwangi tersebut, berjalan hikmad, meskipun sempat beberapa peserta sempat kesulitan mengibarkan bendera, karena terkendala gelombang yang cukup tinggi.

Komandan Lanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Ansori mengatakan, seluruh proses pengibaran bendera Merah Putih di Selat Bali itu berjalan dengan lancar, semua berkat kerja sama dan latihan yang dilakukan secara bersungguh-sungguh oleh seluruh tim.

“Meskipun ombak kencang, namun Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar, dan kondisi dibawah lumayan terang, yang membuat pelaksanaan pengibaran bendera sesuai dengan rencana," ungkap Danlanal Anshori, Rabu (17/8/2022).

Danlanal Anshori menambahkan kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih di bawah permukaan laut dilaksanakan untuk membangun kembali kejayaan maritim, seperti yang dicita-citakan sang Proklamator yakni Indonesia sebagai bangsa bahari.

"Kita ingin membangun kembali kejayaan maritim, sehingga harus tetap konsisten sebagai bangsa maritim dan membangun kejayaan bahari," jelas Letkol Ansori.

Pengibaran bendera di Selat Bali, merupakan pengibaran serentak dibawah lalut yang dilakukan di 77 titik di seluruh Indonesia, dan untuk wilayah kerja Lanal Banyuwangi, terdapat 3 titik., yakni di Bangsring Underwater, Banyuwangi, di Probolinggo yang dilaksanakan oleh Marinir, dan di kawasan Pasir Putih, Situbondo, yang dilaksanakan oleh Potmar dari Koarmada II. (sum/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar