Warga Bondowoso Manfaatkan Pekarangan Untuk Upacara HUT RI ke-77

Tampak Warga Desa Kembang Menggelar Upacara HUT RI KE-77 di Pekarangan Desa Setempat

KBRN, Bondowoso : Antusiasme masyarakat Bondowoso menyambut Hari Kemerdekaan RI Ke-77 cukup tinggi. Tak hanya para pejabat pemerintah, namun sejumlah warga di Desa Kembang, Kecamatan Bondowoso, kompak menggelar upacara bendera pengibaran bendera merah putih di sebuah pekarangan, Rabu (17/8/2022).

Uniknya, jika petugas upacara umumnya diisi oleh orang-orang berpangkat, di Desa Kembang petugas upacara diikuti oleh warga dari berbagai profesi. Diantaranya seperti kuli bangunan, tukang becak, hingga buruh tani. Ada juga dari pemuda setempat yang berstatus pelajar.

Ketua Panitia peringatan HUT RI ke-77 Desa Kembang Efril Kasiono mengungkapkan, terselenggaranya peringatan HUT RI ke-77 di lingkungannya muncul dari keinginan warga. Biaya yang diperlukan pun bersumber dari warga yang secara swadaya saling membantu.

"Rasa Ke-Indonesiaan warga di sini sangat kuat. Karena kita ditakdirkan tidak terlibat melawan penjajah, setidaknya kita semangat untuk memperingati jasa-jasa pahlawan," ungkapnya.

Selain menggelar upacara, lanjut Efril, serangkaian HUT RI ke-77 sudah dilakukan sejak Jumat (12/18/2022) lalu hingga Minggu (20/8/2022) mendatang. Serangkaian kegiatan dijadwalkan ditutup dengan doa bersama.

"Berbagai macam lomba dilakukan. Ada juga JJS berhadiah. Nanti akan ditutup dengan doa bersama," pungkasnya. (san/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar