168 Warga Binaan Dapat Remisi, Tiga Orang Diantaranya Bebas

Bupati Situbondo, Karna Suswandi didampingi Wakil Bupati Ny.Hj.Khoirani dan Kepala Rutan Tomi Elyus menyerahkan SK remisi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Rabu (17/8/2022) (Foto Diana Arista)

KBRN, Situbondo: Dari 172 warga binaan rumah tahanan (Rutan) Kelas IIB Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, 168 diantaranya mendapatkan remisi di Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Menurut Kepala Rutan, Tomi Elyus, dari 168 yang sudah turun surat keputusan memperoleh remisi, tiga orang di antaranya dinyatakan bebas, karena telah menjalani hukuman sesuai dengan yang ditentukan. 

"Ada tiga orang yang dinyatakan bebas, setelah mendapatkan remisi," ujar Tomi Elyus kepada RRI, Rabu (17/8/2022).

Kata Tomi, tiga orang yang dinyatakan bebas tersebut tersandung kasus narkoba, penipuan, dan tindak pidana ringan (tipiring). Mereka langsung bebas di Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

"Jadi, 165 orang mendapatkan remisi mulai dari 1 hingga 6 bulan. Dan yang tiga orang langsung bebas," ucapnya. 

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, yang hadir saat penerimaan surat keputusan remisi mengaku, pihaknya sudah memberikan dukungan kepada rutan dengan memberikan pelatihan kepada warga binaan.

"Rutan bersinergi dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Seperti kemarin, ada pelatihan perbengkelan untuk warga binaan," bebernya. 

Pelatihan keterampilan yang diberikan rutan melalui pemerintah daerah ini, diharapkan mampu menjadi penyemangat bagi warga binaan ketika keluar dari rutan. Mereka bisa lebih mandiri untuk memenuhi kebutuhan hidup melalui keterampilannya itu.

"Artinya, rutan sudah memberikan kesempatan kepada para narapidana untuk bisa dilatih, dan berharap bisa dengan mudah memiliki pekerjaan setelah mereka keluar dari rutan," ungkap Bung Karna, sapaan Karna Suswandi.

Pantauan RRI, Rutan Kelas IIB Situbondo saat ini melebihi kapasitas. Sebab ada 350 warga binaan, sedangkan kapasitas gedung hanya 200 orang. Sementara yang diusulkan mendapat remisi sebanyak 172 orang. Selebihnya tidak diusulkan, karena belum memenuhi syarat.

"Syarat memperoleh remisi, minimal menjalani hukuman selama 6 bulan. Kami kemarin dapat kiriman tahanan dari Surabaya, Sidoarjo, Probolinggo sebanyak 160 orang. Artinya, mereka belum memenuhi syarat untuk pengajuan remisi," bebernya. (din/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar