Terjaring Razia, Belasan Pelajar 'Gelagapan' Tak Hafal Pancasila

KBRN,Jember: Belasan pelajar tingkat SMP/SMA di Kabupaten Jember terjaring saat membolos dalam operasi disiplin yang digelar Satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Jember di sejumlah lokasi tongkrongan, Rabu (10/8/2022).

Para pelajar yang terjaring langsung dibawa ke Kantor Satpol PP setempat untuk dilakukan pendataan serta pembinaan mental oleh petugas. 

Selain mendapat pembinaan dan membuat surat pernyataan, para siswa juga diminta mengucapkan sila-sila Pancasila. Namun mirisnya, sebagian besar dari mereka justru 'glagapan' dan mengaku tidak menghafal Pancasila.

"Iya tadi kita lakukan pembinaan bagi siswa yang kedapatan membolos sekolah, salah satunya dengan menghafal sila-sila Pancasila ternyata banyak yang tidak hafal," ujar Kasi Binwaslu Satpol PP Pemkab Jember Erwin Prasetyo kepada RRI, Rabu (10/8/2022).

Erwin sangat menyayangkan dari para pelajar yang terjaring operasi disiplin itu,  banyak yang tidak mampu menghafal Pancasila. Hal itu mengindikasi semakin terkikisnya nilai-nilai Pancasila dikalangan generasi muda.  

"Hal ini menjadi kewajiban semua pihak, bagaimana agar nilai-nilai Pancasila bisa tertanam dalam diri generasi muda kita saat ini, gempuran era digitalisasi dan budaya asing jangan sampai melunturkan jati diri dan nilai nilai luhur Pancasila  terutama bagi pelajar kita," jelasnya.

operasi disiplin terhadap para pelajar di Kabupaten Jember kerap saat jam-jam sekolah dengan sasaran sejumlah lokasi yang kerap dijadikan ajang nongkrong para pelajar sepertihalnya di kawasan rest area Jubung dan beberapa titik lokasi lain di Kabupaten Jember. (gl/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar