Forkopimda Kabupaten Jember Dan Forkopimda Kabupaten Banyuwangi Membuat Nota Kesepahaman

KBRN, Jember : Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jember dan Banyuwangi kembali duduk bersama menyelesaikan persoalan antara Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, dan Desa Banyuanyar, Kecamatan Kalibaru, pada Selasa (9/8/2022) yang berlangsung di Cafe Gumitir. 

Dalam musyawarah tersebut sejumlah tokoh masyarakat daru dua desa ini hadir untuk menjalin kesepahaman. 

Kepada RRI Bupati Jember H Hendi Siswanto Hendy memgatakan bahwa pihaknya telah melaksanakan musyawarah bersama dengan warga dari dua desa untuk sama-sama mencari solusi. Menurutnya hal ini perlu adanya pembahasan yang serius agar tidak terulang lagi. 

"Ini harus dikemas dalam bentuk persaudaraan agar terjalin keamanan," ungkapnya.

Sementara itu, orang nomor satu di Jember meminta agar seluruh pihak berkenan untuk bekerja sama. Mulai masyarakat hingga aparat keamanan. Mengingat, lokasi dari kedua desa itu cukup sulit. Bahkan pihaknya berupaya segera memperbaiki akses di lokasi. Minimal, supaya membuat warga dapat dengan mudah melintas dalam mengurus segala keperluan mereka. 

"Untuk keamanan, akses jalan juga sangat dibutuhkan untuk itu kami Pemerintah Kabupaten Jember akan mengupayakan akses yang dibutuhkan," ucapnya.

Lebih lanjut, dia berharap pertemuan antara Forkopimda Jember, Forkopimda Banyuwangi, serta warga dari kedua desa, ada hasil sesuai dengan nota kesepahaman yang disepakati bersama.

Dengan begitu, semua bisa Klir dan aman terkendali. Adapun nota kesepahaman tersebut terdiri atas menjaga kondusifitas wilayah dengan cepat merespons potensi permasalahan yang terjadi di masyarakat, mengedepankan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan masalah, memperkuat ketahanan wilayah dan sinergi para pemangku kepentingan, serta menyerahkan seluruh penyelesaian permasalahan hukum yang terjadi kepada pihak yang berwenang wajib.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar