KHR Azaim: Banyak Peristiwa Penting di Hari Asyura

KHR Achmad Azaim Ibrahimy, Bupati Situbondo, Karna Suswandi dan Forkopimda Situbondo saat menggelar perayaan 10 Muharram 1444 Hijriah di Halaman Pendopo Kabupaten Situbondo. Sabtu (6/8/2022) (Foto Diana Arista)

KBRN, Situbondo: Di dalam bulan Muharram, terdapat hari mulia yang disebut Asyura, yakni hari kesepuluh di bulan Muharram. 

Menurut Ulama Muda Kharismatik asal Situbondo, Jawa Timur, KHR Achmad Azaim Ibrahimy, banyak peristiwa yang terjadi di hari Asyura, di antaranya diterimanya taubat Nabi Adam, diangkatnya Nabi Idris ke langit yang keempat.

Selain itu, ada juga peristiwa diselamatkannya kapal besar Nabi Nuh yang membawa orang-orang beriman, bahkan spesies binatang serta Nabi Musa bersama Bani Israil diselamatkan dari kejaran Firaun. 

"Yang terpenting dari semua itu adalah kata kuncinya seluruh para Nabi memulai riyadah dan ikhtiarnya dengan istighfar. Maka dalam kesempatan yang baik ini, di awal tahun baru Islam, dalam momentum hari Asyura, marilah kita perbanyak istighfar kepada Allah SWT," ucap Kiai Azaim, Senin (8/8/2022).

Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Situbondo ini mengatakan, dengan istighfar akan mendatangkan rahmat Allah SWT, serta berbagai anugerah dan segala hal yang dicita-citakan akan dikabulkan. 

Hari Asyura jatuh di bulan Agustus, bertepatan dengan bulan kemerdekaan rakyat Indonesia, tepatnya pada 17 Agustus. Kemerdekaan RI yang Ke-77. Termasuk juga Hari Jadi Kabupaten Situbondo Ke-204.

"Di usia kemerdekaan ini sudah 77 tahun Allah anugerahkan kenikmatan kemerdekaan. Pertanyaannya, apakah kemerdekaan ini sudah kita syukuri dengan sebaik-baiknya. Semoga kita termasuk hamba Allah yang pandai bersyukur," ucap cucu Pahlawan Nasional KHR As'ad Syamsul Arifin itu. 

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengaku, pada bulan kemerdekaan ini Pemkab Situbondo akan memulai pembangunan Wisata Religi di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo.

"Kami sudah melakukan peletakan batu pertama pembangunan Wisata Religi di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Situbondo. Wisata religi ini merupakan penghormatan kita kepada KHR As'ad Syamsul Arifin yang berjuang untuk kemerdekaan Negara Indonesia," ujar Bupati Karna Suswandi.

Selain itu, bulan Agustus merupakan Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi) Ke-204. Momen Harjakasi ini, Pemkab Situbondo mewajibkan semua instansi pemerintahan maupun swasta untuk memampang foto Pahlawan Nasional asal Situbondo, KHR As'ad Syamsul Arifin.

"Tanggal 15 Agustus, saya akan mewajibkan seluruh instansi pemerintah maupun swasta untuk memampang foto Pahlawan Nasional asal Situbondo, KHR As'ad Syamsul Arifin," ucap Bung Karna, sapaan Karna Suswandi. (din/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar