Petugas Gabungan Banyuwangi Mulai Periksa Hewan Kurban ditempat Penjualan

KBRN, Banyuwangi : Menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah,  petugas Dinas Pertaninan dan Pangan Banyuwangi, melakukan pemeriksaan hewan kurban, disejumlah pedagang hewan kurban yang tersebar di wilayah setempat. Berdasarkan pantauan RRI, para petugas memeriksa kelayakan hewan kurban yang dijual, selain itu mereka juga memeriksa kesehatan hewan kurban yang dijual, dari berbagai penyakit, salah satunya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner, dr Nanang Sugiharto mengatakan, pemeriksaan terhadap hewan kurban, dilakukan untuk menyakinkan kepada pedagang dan pembeli, kalau hewan yang dijual sudah diperiksa dan dinyatakan sehat, yang ditandai dengan surat keterangan kesehatan hewan, selian itu hewan kurban benar - benar layak untuk korban.

"kita ada beberapa tim yang melakukan pemeriksaan, setelah diperiksa kita berikan sertifikat veteriner, sehingga pedagang maupun pembeli benar - benar yakin kalau hewan yng dijual benar - benar sehat dan layak untuk kurban," ungkap dr Nanang, Kamis (7/7/2022).

Sementara itu Suwarso, salah satu penjual hewan kurban mengaku lega, karena semua hewan kurban yang dijual sudah dinyatakan sehat, dan Ia berharap dengan surat keterangan kesehatan hewan yang diberikan oleh petugas dinas, bisa menjadi garansi kepada pembeli, sehingga tidak ragu membeli hewan kurban yang dijual.

"Alhamdullaih dari 75 kambing yang ada disini semuanya dinyatakan sehat dan layak kurban, semoga bisa meningkatkan penjualan hewan yang saya jual," ungkap Suwarso.

Suwarso mengaku saat ini harga hewan kurban yang dijual relatif stabil yakni kisaran Rp 2,5 juta hingga Rp 6,5 juta perekor, namun dengan adanya isu PMK, penjualannya relatif menurun jika dibandingkan tahun lalu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar