Jelang Idul Adha, Petugas Sidak Lapak Penjualan Hewan Kurban di Jember

KBRN,Jember: Penyebaran penyakit Kuku dan Mulut yang menjangkit hewan ternak di Kabupaten Jember banyak membuat masyarakat resah.

Oleh sebab itu Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Jember mengencarkan upaya pemeriksaan kesehatan terhadap hewan ternak menjelang hari raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Petugas Kesehatan Masyarakat Veteriner DKPP Kabupaten Jember, drh Henry Kurniawan mengatakan untuk memastikan hewan ternak yang dijual tidak terpapar PMK, petugas melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap setiap hewan ternak yang dijual para pedagang.

"Kita lakukan pendataan terhadap para pedagang, sekaligus melakukan pemeriksaan mulkosa mata dan mulut  hewan ternak untuk memastikan kondisi kesehatannya," ujarnya, Selasa (5/7/2022).

Menurut Henry, secara kasat mata, kondisi hewan ternak yang sehat dapat terlihat dari bulu yang berkilau serta sinar mata yang jernih.

"Dari pemeriksaan yang kita lakukan ke sejumlah lapak pedagang hewan kurban seperti di jalan Tengku Umar, secara keseluruhan dapat kita pastikan kondisinya sehat," tandasnya.

Sementara salah satu pedagang hewan kurban,imam mengungkapkan untuk tahun ini,Dirinya hanya menyediakan hewan kurban berupa kambing dan domba saja. Sebab menurutnya kambing dan domba lebih memiliki kekebalan terhadap paparan virus PMK yang banyak menyerang ternak sapi para peternak.

"Untuk penjualan momen idul adha tahun ini memang sedikit mengalami kenaikan untuk penjualan kambing dan domba, tapi kalau untuk sapi turun drastis karena PMK," pungkasnya. (gl/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar