Dapat Tambahan Seribu Dosis, Total Vaksin PMK di Bondowoso Tembus 6 Ribu

Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin, Didampingi Kapolres Bondowoso AKBP Wimboko, Saat Meninjau Vaksinasi Hewan Ternak

KBRN, Bondowoso : Pemerintah Provinsi Jawa Timur menambah 1.000 vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak untuk Kabupaten Bondowoso. Sehingga, dengan adanya tambahan ini, maka total vaksin PMK di Bondowoso hingga saat ini tercatat sudah ada 6.100 dosis, dari sebelumnya, Bondowoso mendapatkan jatah 5.100 vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) yang telah diterima sejak 24 Juni 2022 lalu. 

Bupati Bondowoso, Drs KH Salwa Arifin saat pencanangan vaksin PMK, di Desa Karang Melok, Kecamatan Tamanan, Senin (4/7/2022).  menerangkan bahwa tambahan vaksin saat ini memang jumlahnya masih jauh dibanding populasi yang ada. Yaitu, populasinya sekitar 237 ribuan. Namun, pihaknya akan terus berupaya untuk meminta kembali tambahan vaksin tersebut. 

"Kita akan berupaya, untuk meminta tambahan vaksin PMK dari Pemerintah Pusat," ungkap Bupati Salwa.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Peternakan, dan Perikanan (Disnakkan) M. Halil mengatakan, tambahan vaksin ini akan datang Selasa (5/7/2022) besok. Dan akan langsung dibagikan ke lima Puskeswan yang ada di Bumi Ki Ronggo. Yakni, Puskeswan Cerme, Tapen, Tamanan, Tegalampel, dan Pujer.

"Jadi masing-masing Puskeswan ada tambahan 200 dosis, dan para petugas bisa langsung melakukan aksi dalam melakukan vaksinasi" jelasnya.

Selanjutnya, vaksin tersebut akan disuntikkan pada sapi-sapi sehat, dengan usia minimal di atas dua minggu. Khususnya,  di wilayah-wilayah dengan tingkat pemaparan yang rendah. 

Halil melanjutkan, hingga saat ini sendiri capaian vaksinasi PMK yakni 78 persen dosis vaksin kiriman pertama (5.100 dosis vaksin, red). Atau sekitar 3.767 dosis. Proses vaksinasi sendiri dilakukan dengan mendatangi kandang ke kandang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar