Jalur Gumitir Longsor, Sistem Arus Lalin Buka Tutup

KBRN,Jember: Longsor mengikis bahu jalan jalur Nasional Gunung Gumitir di Desa Garahan, Kecamatan Silo, Jember. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 03.00 wib, Sabtu (2/67/2022). 

Kapolsek Sempolan AKP Suhartanto mengungkapkan tanah longsor terjadi di km.36.800 area sekitar watu gudang jalur gumitir dengan panjang longsor hingga 20 meter.

"Karena dampak dari hujan deras sehingga terjadi longsor memakan bahu jalan dengan kedalaman sampai 10 meter," ujarnya dikonfirmasi RRI,Sabtu (2/7/2022).

Aparat Kepolisian diterjunkan untuk melakukan pengamanan di sekitar lokasi dan memasang police line di titik longsor. 

"Hingga siang ini jalur masih bisa dilewati kendaraan baik roda dua atau roda empat dari arah Jember Banyuwangi atau arah sebaliknya namun petugas sementara menerapkan sistem buka tutup," imbuhnya.

AKP Suhartanto menghimbau agar pengendara lebih berhati-hati saat melintas di jalur gunung gumitir terlebih saat terjadi hujan. Selain rawan longsor area tersebut juga rawan pohon tumbang.

"Untuk antisipasi kita kordinasikan dengan pihak terkait agar memangkas dahan pohon besar yang rawan roboh,selain itu kita juga siagakan posko terpadu di jalur tersebut sehingga saat terjadi bencana atau lakalantas bisa segera teratasi dengan cepat," pungkasnya. (gl/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar