Mobil INCAR Polres Bondowoso Catat Ratusan Pelanggar Sehari

KBRN, Bondowoso : Satlantas Polres Bondowoso mencatat ada 150 hingga 200an pelanggaran dalam sehari yang tertangkap kendaraan integrated node capture attitude record (INCAR). 

Artinya, jika dikalkulasikan sejak pertama kali menggunakan kendaraan INCAR pada 13 Juni 2022 hingga saat ini. Maka, jumlahnya mencapai ribuan pelanggaran 

Menurut Kasat Lantas Polres Bondowoso, AKP Suryono, pelanggaran yang tertangkap kamera,  bentuknya beragam. Mulai dari tak mengenakan helm, motor tak sesuai spek, bonceng tiga, dan pelanggaran lainnya. 

"Paling banyak pelanggaran tak pakai helm," jelasnya dikonfirmasi, Sabtu (2/6/2022).

Ia menerangkan, pelanggaran-pelanggaran yang disebutnya itu paling banyak memang tertangkap di kawasan perkotaan. Sementara, di pedesaan pihaknya juga melakukan hal serupa. Hanya saja, intensitas masih banyak dilakukan di seputaran kecamatan kota. 

"Di wilayah hukum Polres Bondowoso. Cuma di kawasan pedesaan jarang masuk, hanya di jalan-jalan utama saja," tuturnya. 

Suryono memastikan bahwa tilangan terhadap pelanggaran lalu lintas ini telah dikirim melalui Kantor Pos. 

Namun, memang pihaknya tak bisa mengetahui besaran nominal tilangan yang masuk ke kas negara. Karena, hal itu menjadi ranah pengadilan. 

Kendati begitu, pihaknya juga ternyata tak bisa langsung menjadikan pelanggaran dalam tilangan. Jika, nanti pencocokan NIK nya atau ada data yang keliru maka akan direject dengan sendiri. 

"Jadi tilangan yang tak sesuai dengan data, nanti kita reject. Kita hanya yang sesuai data saja," urainya. 

Ia menyebutkan, bahwa hadirnya kendaraan INCAR ini bertujuan untuk mengurangi sentuhan masyarakat ke polisi. Tepatnya, mengurangi image negatif terhadap Polisi. 

Di lain sisi, bertujuan juga untuk mengajak masyarakat agar semakin sadar untuk taat berlalu lintas. (san/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar