Gandeng PWI, Polresta Banyuwangi Hijaukan Kawasan Lereng Gunung Ijen

KBRN, Banyuwangi : Peringati Hari Bhayangkara ke 76, Polresta Banyuwangi bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), melakukan penanaman 7.600 pohon di area Wisata Gantasan, Kamis (30/6/2022). Aksi penghijauan yang dilaksanakan dikawasan lereng gunung Ijen tersebut, juga dihadiri hadir Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Kapolresta Banyuwangi AKBP Deddy Foury Millewa, Danlanal Letkol Laut (P) Ansori.

Kapolresta Banyuwangi, AKBP Deddy Foury Millewa mengatakan, Gantasan Ijen merukapan kawasan Geopark Ijen yang menjdai pusat konservassi, sehingga dijadikan sebagai kawasan penanaman ribuan pohon, dalam rangka penghijauan dikawasan tersebut, sekaligus mengurasngi adanya bencana seperti banjir dan longsor.

"Polri bersama masyarakat bagaimana menjaga alam semesta, mulai dari alam yang ada di area Geopark Ijen. Ketika kita peduli terhadap alam, maka suatu saat alam juga peduli terhadap kita," kata AKBP Deddy, Kamis (30/6/2022).

Ketua PWI Banyuwangi, Saifuddin Mahmud Kamis (30/6/2022), Aksi peduli lingkungan ini juga sebagai bentuk dukungan PWI terhadap Polri, menyambut HUT Bhayangkara ke-76, yang merupakan komitmen dari PWI dalam menjaga lingkungan, sekaligus mengurangi resiko bencana alam.

"Kita harap dengan aksi tanam pohon ini tidak terjadi lagi longsor di masa yang akan datang. Selain itu penghijauan ini juga diharapkan, bisa mendukung Unesco Geopark yang insyaallah Banyuwangi masuk jaring Geopark Dunia," ungkap Syaifuddin.

Sementara itu Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, penanaman pohon ini sebagai bentuk antisipasi agar terhindar dari bencana alam, sekaligus penghijaun di jalur Ijen ini juga bisa menjadi poin Banyuwangi menjadi Unesco Global Geopark (UGG)

"Kita tahu kemarin longsor terjadi jalur Ijen dan saat ini masih dilakukan penanganan normalisasi. Sehingga kegiatan ini bagaimana langkah-langkah agar longsor itu tidak terjadi lagi," tutur Ipuk, Kamis (30/6/2022). (sum/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar