Ketua KONI Jatim: Wisata Pasir Putih Water Sport Konsep Sport Tourism Ideal

Ketua KONI Jatim, Muhammad Nabil saat memantau pertandingan angkat berat di Aula SMPN 1 Situbondo. Minggu (26/6/2022) (Foto Diana Arista).

KBRN, Situbondo: Ketua KONI Jatim, Muhammad Nabil, memuji kawasan wisata Pasir Putih Water Sport, di Desa/Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, yang menjadi venue tiga cabang olahraga pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim Ke-7. Yaitu voli pantai, panjat tebing dan renang di perairan terbuka.

Katanya, tempat ini bisa menjadi kawasan sport tourism atau wisata di alam bebas yang tidak hanya menjual keindahannya namun juga sebagai tempat pusat olahraga para atlet dan menjadi pusat penyelenggaraan multi event, mulai dari tingkat lokal hingga internasional. 

"Pasir Putih Water Sport ini luar biasa. Konsep sport tourismnya ada. Jadi, orang ke Situbondo tidak hanya ke Pasir Putih saja, tapi juga berolahraga, dan berbelanja," ujar Nabil kepada RRI, Minggu (26/6/2022).

Konsep sport tourism ini harus mendapat dukungan dari pemerintah daerah setempat. Pemerintah setempat harus bisa mengatur ini hingga menjadi sebuah performa yang sempurna.

"Pada Porprov Jatim Ke-7 ini, kita mengusung tema sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses ekonomi. Nah, di sini ini sudah nyata terbukti, bahwa kegiatan olahraga dengan melibatkan para pelaku usaha, berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat setempat," ungkapnya.

Ia berharap, melalui event olahraga ini, ekonomi masyarakat khususnya daerah tuan rumah yaitu Situbondo, Bondowoso, Jember, dan Lumajang, bisa terangkat. Sebab sektor ekonomi cukup terpukul karena selama dua tahun berturut-turut mengalami penurunan penghasilan yang merupakan dampak dari pandemi COVID-19.

"Saya apresiasi Pemkab Situbondo, karena mulai dari acara Kirab Obor Api Porprov VII di Situbondo,  ada 63 pelaku usaha mikrokecilmenengah (UMKM) yang dilibatkan. Para pelaku usaha ini juga ditata untuk berjualan di setiap venue selama Porprov berlangsung yaitu mulai 26 Juni sampai 3 Juli 2022," bebernya. 

Kata Nabil, pemerintah daerah harus mampu menangkap peluang dengan memadukan antara sport tourism dan sport industry. Sinergi antara pengelola kawasan wisata bersama dengan kamar dagang dan industri Indonesia (KADIN) yang merupakan organisasi pengusaha di bidang perekonomian, sangat perlu. Kolaborasi ini akan menjadi mesin penggerak perekonomian dan mampu menyejahterakan masyarakat. 

"KONI di olahraga, Kadin di dunia usaha, manajernya pemkab. Ini sebuah keniscayaan dan tak bisa dihindarkan," ucapnya. 

Nabil meminta agar Pemkab Situbondo menggelar single event, yang bisa mengundang atlet dari luar daerah datang ke Situbondo. Hal ini akan memberikan dampak yang luar biasa terhadap sektor ekonomi.

"Ke depan, saya minta pemkab menggelar single event yang bisa mengundang atlet luar daerah datang kesini. Kita manfaatkan kawasan wisata Pasir Putih Water Sport ini," tutupnya. (din/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar