Polisi Cek Harga Minyak Goreng Sesuai HET dan Amankan Stok

Kapolres Situbondo, AKBP Andi Sinjaya saat melakukan pengecekan harga minyak goreng curah di sejumlah pasar tradisional. Kamis (26/5/2022) (Foto Istimewa).

KBRN, Situbondo: Menindaklanjuti arahan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Kapolres Situbondo, AKBP Andi Sinjaya melakukan pengecekan harga minyak goreng curah sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) di beberapa pasar tradisional.

Andi Sinjaya mengaku, setelah mendapat arahan dari Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan, pihaknya langsung melakukan pengecekan di sejumlah pasar tradisional untuk memastikan harga minyak goreng dijual sesuai dengan HET yaitu Rp14.000 per liter atau Rp15.500 per kilogram.

"Hingga hari ini, harga sesuai HET dan stok minyak goreng curah di Situbondo masih aman terkendali," ujar Andi Sinjaya kepada RRI, Kamis (26/5/2022).

Pengecekan ke sejumlah pasar tradisional itu akan dilakukan secara rutin, di semua pasar tradisonal yang ada di Situbondo. Tak hanya di pasar tradisional, namun juga di sejumlah pasar modern yang ada di wilayah Situbondo. 

"Polri dan Satgas Pangan, wajib mengawasi, mengawal, dan memastikan distribusi minyak goreng, sebagai bentuk antisipasi adanya lonjakan harga dan kelangkaan," ucapnya.

Sementara itu, warga Kelurahan Mimbaan Kecamatan Panji, Situbondo, Cici Yunitasari mengaku, tidak ada kelangkaan minyak goreng di Situbondo, apalagi minyak goreng curah. Hampir di semua toko dan pasar modern menjual minyak goreng baik curah maupun kemasan.

"Alhamdulillah stok minyak goreng curah aman. Harganya Rp16.000 per kilogram," ujar Cici kepada RRI. 

Sejak pemerintah memberikan subsidi minyak goreng curah dengan tujuan agar harganya stabil, harga minyak goreng berangsur normal. Padahal sebelumnya, dibandrol dengan harga hingga Rp22.000 per kilogram, padahal sesuai HET harganya Rp15.500 per kilogram. 

"Harga minyak goreng curah paling mahal Rp16.000 per kilogram. Tidak ada yang menjual di atas harga itu," imbuh Cici. (din/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar