Diduga Karena Puntung Rokok, Gudang Sekam di Bondowoso Terbakar

Petugas Damkar Satpol PP Bondowoso Bersama Warga Berusaha Memadamkan Api Yang Membakar Gudang Sekam

KBRN, Bondowoso : Sebuah gudang sekam di Desa Tegal Mijin, Kecamatan Grujugan, Kamis (26/5) terbakar. Kebakaran tersebut diduga karena disebabkan sebuah oleh puntung rokok yang dibuang sembarangan di sekitar lokasi.

Slamet Yantoko, Kasatpol PP Bondowoso menuturkan, berbeda dengan kejadian kebakaran sebelumnya. Kebakaran gudang sekam milik Isnaini, kali ini bukan lagi disebabkan oleh korsleting listrik. Melainkan karena kelalaian masyarakat sendiri, mengingat kejadian tersebut diduga karena puntung rokok. 

"Diduga karena puntung rokok dari warga setempat, yang sedang cari rumput di area gudang sekam," jelasnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Mengingat kebakaran tidak sampai merembet ke bangunan gudang, hanya sekam yang ada di dalamnya saja yang terbakar. Meskipun demikian, proses pemadaman api, membutuhkan waktu yang cukup lama, yakni selama satu jam.

 "Tidak ada kendala dalam proses pemadaman api," cetusnya.

Selain itu, Slamet juga mengutarakan sebanyak tiga armada pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi kejadian. Hal itu untuk mengantisipasi api merembet ke bangunan. Tiga armada yang diterjunkan, sudah cukup untuk memadamkan api. Atas kejadian tersebut, kerugian diperkirakan mencapai Rp 5 juta. 

"Petugas melakukan pemadaman kebakaran, kemudian mendata kejadian kebakaran," imbuhnya.

Selain itu, pria yang juga pernah menjabat Kabag Organisasi Pemkab Bondowoso ini, juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi terjadinya kebakaran. Mengingat dalam beberapa waktu terakhir, sudah sering terjadi kebakaran. Terlebih saat memasuki musim kemarau beberapa waktu mendatang. 

"Hati-hati jangan sembarangan," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar