ASN PPPK di Situbondo Akan Dievaluasi Dua Tahun Sekali

Kantor BKPSDM Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. (Foto Diana Arista)

KBRN, Situbondo: Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) melakukan evaluasi kinerja setiap dua tahun sekali terhadap  ASN Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

Menurut Kepala BKPSDM Situbondo, Fathor Rakhman, evaluasi dilakukan setiap dua tahun sekali dengan pertimbangan untuk membangun kinerja dan menjaga disiplin ASN PPPK. Bahkan ASN Guru PPPK yang sebelumnya dikontrak lima tahun, akan dievaluasi juga setelah selesai kontrak.

"ASN PPPK angkatan 2022 ini akan dievaluasi setiap dua tahun sekali oleh pemerintah daerah. Hasil evealuasi akan dikirim ke Kemenpan-RB untuk dibuatkan SK baru," ujar Fathor Rakhman kepada RRI, Rabu (25/5/2022).

Kata mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan itu, ada dua hal yang akan memengaruhi hasil evaluasi, yaitu kinerja dan disiplin. Bagi ASN PPPK yang melanggar disiplin dan kinerjanya buruk, maka kemungkinan besar tidak diperpanjang kontrak kerjanya.

"Kontrak kerja tidak akan diperpanjang, kalau terbukti melanggar disiplin dan kinerjanya buruk," ucapnya.

Ia mengajak para pegawai ASN PPPK khususnya angkatan 2022 yang berjumlah 452 orang, agar tidak pesimis dengan kontrak kerja yang hanya dua tahun. Karena selama kinerjanya bagus bahkan terus meningkat, maka kontrak akan terus dilakukan hingga batas usia pensiun yaitu 60 tahun bagi yang menduduki jabatan fungsional dan 58 tahun bagi ASN dengan jabatan staf fungsional umum.

"Tidak perlu risau, mau kontrak dua tahun atau lima tahun, selama kinerja bagus maka kontrak akan diperpanjang hingga usia pensiun," kata Fathor.

Fathor menepis kabar terkait kontrak dua tahun yang dikaitkan dengan pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang. Sebab jelas diatur bahwa seluruh ASN, baik PNS maupun PPPK dilarang terlibat dalam politik praktis.

"Kebijakan terhadap ASN PPPK yang lulus 2021, dan saat ini mengalami kontrak kerja selama 2 tahun, itu atas pertimbangan membangun kinerja dan menjaga disiplin ASN PPPK itu sendiri, tidak ada alasan lain," ucapnya.

Ia mengajak masyarakat untuk membantu mengawasi kinerja seluruh ASN agar memiliki kinerja yang baik sehingga mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Situbondo. 

"Masyarakat harus membantu kami untuk mengontrol kinerja ASN. Ada pelanggaran, segera laporkan kepada kami," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar