Tahun Ini, PG Assembagoes Targetkan 448.000 Ribu Ton Giling Tebu

Pabrik Gula (PG) Assembagoes di Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo. Pabrik milik pemerintah ini tahun ini menargetkan 448.000 ton giling tebu dengan kapasitas giling 4.000 ton per hari. Selasa (24/5/2022) (Foto Istimewa)

KBRN, Situbondo: Pabrik Gula (PG) Assembagoes di Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, tahun ini menargetkan 448.000 ton giling tebu dengan kapasitas giling per hari 4.000 ton.

Menurut General Manajer PG Assembagoes, Agus Priambodo, target giling tersebut dengan mempertimbangkan kekuatan bahan baku yang dimiliki PG Assembagoes. Padahal, setelah direvitalisasi kapasitas giling seharusnya mampu mencapai 6.000 ton per hari.

"Memang masalahnya bahan baku. Oleh karenanya, kita belajar bersama teman-teman petani agar membiasakan memasok tebu ke kita. Karena menambah tebu per hari tidak mudah," ujarnya kepada RRI, Selasa (24/5/2022).

Sementara untuk harga tebu, Agus mengaku sudah membuat kesepakatan bersama Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) PG Assembagoes yaitu Rp60.000 - Rp65.000 per kuintal. Tentunya, harga mengacu kepada potensi atau rendemen tebu.

"Karena dalam bisnis ini kita tidak membeli kucing dalam karung. Tapi kita berharap, kalau potensi tebunya tinggi maka harganya juga tinggi. Karena perusahaan membeli sesuai rendemen atau potensi," ungkap Agus. 

PG Assembagoes sudah memulai giling pada 16 Mei 2022. Untuk saat ini potensi tebu berada di kisaran 7. Biasanya, semakin lama potensi tebu ini akan naik seiring dengan semakin berkurangnya intensitas hujan.

Kata Agus, pihaknya berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada petani. Salah satunya timbang bayar, atau langsung bayar kepada petani yang memasok tebu ke PG Assembagoes. Namun pada umumnya, pembayaran dilakukan keesokan harinya setelah tebu dipasok ke pabrik.

"Umumnya kirim hari ini, dibayar besok. Kami juga memberikan pinjaman kepada para petani, namun jumlahnya masih sangat terbatas," tutupnya. (din/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar