Besaran Bonus Eksplorasi Panas Bumi Belum Jelas Untuk Daerah

Kabag Perekonomian Pemkab Bondowoso, Rahmatullah

KBRN, Bondowoso : Dana bonus produksi panas bumi untuk Kabupaten Bondowoso masih belum jelas. Padahal, proses eksplorasi panas bumi yang dilakukan oleh PT Medco Cahaya Geothermal sudah rampung dilakukan. Belum lagi, pada 2024 mendatang akan dilakukan eksploitasi di Kawasan Wisata Kawah Wurung (Kawu). 

Kepala Bagian Perekonomian Pemkab Bondowoso, Rahmatullah menyampaikan bahwa untuk saat ini belum dapat diketahui berapa dana yang akan didapatkan oleh pemkab dari hasil bonus produksi panas bumi PT Medco.

" Karena masih akan dilakukan perhitungan khusus. Berapa persen yang akan diserahkan kepada daerah," katanya, " Senin (23/5/2022).

Dijelaskannya, setelah PT Medco beroperasi maka dana yang didapatkan daerah akan lebih besar. Jika dibandingkan dengan sebelumnya atau masih pada tahap eksplorasi. Karena selain bonus tersebut, akan mendapatkan keuntungan dari pembangkit listriknya. 

"Ini juga akan memiliki multiple efek. Dengan perkembangan daerah ekonomi baru," lanjutnya.

Mantan Kabag Kesra ini juga menilai setelah PT mulai beroperasi atau melakukan eksploitasi, juga dapat menambah daya tarik masyarakat untuk berkunjung ke kawasan Ijen. Hal itu, dinilai juga dapat menambah penghasilan warga sekitar.

" Disana juga tumbuh semacam penjualan souvenir khas Bondowoso. Tentunya akan lebih bergeliat," tegasnya.

Adapun bagi hasil produksinya sendiri berdasarkan aturan pemerintah yakni besarannya 0,5 persen dari penjualan yang langsung dipotong oleh negara. Kemudian, selanjutnya akan bagi hasil dengan daerah sesuai dengan regulasi yang ada. (san/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar