296 Karya Sains Pelajar Banyuwangi dipamerkan dalam Festival Science Entrepreneur

KBRN, Banyuwangi : Ratusan produk sains, hasil karya siswa Banyuwangi dipamerkan dalam Festival Science Entrepreneur, yang diselenggarakan di Gedung Djuang Banyuwangi, Senin (23/5/2022). Festival yang dalam rangkaian Hari Pendidikan Nasional tersebut, menampilkan 296 produk sains, yang meliputi, energi, bioteknologi, fenomena alam, organisasi kehidupan, media digital, media pembelajaran berbasis IT, geopark, dan tentang sains lainnya.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi Suratno mengatakan, Festival Science Entrepreneur merupakan salah satu implementasi hasil pelatihan para guru, dalam menerapkan kurikulum berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics), yang menerapkan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada hubungan pengetahuan dan aneka keterampilan STEAM tersebut.

"Sehingga nanti para peserta didik diharapkan mampu menyelesaikan permasalah dengan cara yang kreatif, sehingga mendorong para pelajar, memiliki semangat menjadi inventor (penemu)" ujar Suratno, Senin (23/5/2022).

Sementara itu Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan Festival Science Entrepreneur bertajuk "Hebatnya Sains dan Teknologi Informatika Bagi Kehidupan", tidak hanya sekadar pendekatan sains atau ilmu pengetahuan, melainkan memiliki sisi entrepreneurship yang dapat memberdayakan masyarakat luas.

"Semoga nanti akan melahirkan temuan-temuan yang memberdayakan. Baik bagi penemunya sendiri, maupun bagi masyarakat luas," ungkap Bupati Ipuk, Senin (23/5/2022).

Lebih jauh Ipuk meminta kepada para guru untuk dapat mengembangkan bakat eksploratif para peserta didik dalam memberikan ruang-ruang praktik yang cukup bagi para pelajar, sehingga peserta didik bisa semakin eksploratif dalam mengembangkan pengetahuannya. (sum/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar