Polemik Uang Diklat Kepsek, Komisi IV DPRD Bondowoso Akan Panggil Dispendik

Ketua Komisi IV DPRD Bondowoso, Kukuh Rahardjo

KBRN, Bondowoso : Polemik pembayaran uang diklat kepala sekolah (kepsek) di Bondowoso, ternyata juga memantik reaksi dari legislatif. Pasalnya, Komisi IV berencana akan melakukan pemanggilan terhadap kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) setempat.

Ketua Komisi IV DPRD Bondowoso, Kukuh Radardjo menerangkan bahwa Bondowoso memang masih kekurangan guru dan kepala sekolah. Oleh sebab itu, ia mendukung untuk dilakukan diklat penyiapan kepsek. Terlebih memang salah satu syarat untuk menjadi kepsek adalah sudah melakukan sertifikasi peningkatan kapasitas.

Tidak adanya anggaran untuk kegiatan yang dianggap urgent tersebut, dinilai perlu dilakukan penelusuran. Oleh sebab itu, pihaknya akan melakukan tindak lanjut untuk dicarikan solusinya. Mengingat, setiap guru memiliki hak untuk menjadi kepala sekolah. 

" Itu, satu hal yang wajib dan harus kita anggarkan. Kenapa sampai tidak ada," katanya, saat dikonfirmasi, Senin (23/5/2022).

Selain itu, legislator fraksi Golkar ini juga mengutarakan, akan mencari dasar hukum penarikan dana diklat kepada para guru, serta apakah hal tersebut melanggar aturan. Sehingga tidak mengorbankan kepentingan yang lebih besar, terlebih diklat penyiapan kepsek dinilai menjadi kepentingan orang banyak. 

Kukuh juga megatakan, pihaknya akan melakukan pendalaman terhadap polemik pembayaran uang diklat yang mencapai Rp 2,75 juta tersebut. Bahkan jika dalam aturan tidak boleh menarik pembayaran dari guru, maka tidak menutup kemungkinan uang yang dibayarkan dapat dikembalikan. "Kalau seperti itu harus dibebankan kepada daerah,"

Bahkan pihaknya menegaskan akan melakukan pemanggilan terhadap kepala Dispendik Bondowoso, Sugiono Eksantoso. Untuk membahas permasalahn yang muncul pada tahun ini, serta anggaran pada 2021 lalu. 

"Kita akan membahas LHP BPK, perhitungan anggaran itu dengan mitra kerja kita. Disitu kesempatan kita," pungkasnya. (san/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar