915 CJH Jember Dipastikan Berangkat Juni 2022

KBRN,Jember: Kementerian Agama Kabupaten Jember memastikan sebanyak 915 Calon Jamaah Haji (CJH) akan diberangkatkan pada Musim Haji 2022.

Para CJH asal Kabupaten Jember rencana akan diberangkatkan dibagi dalam dua kelompok terbang.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember, Ahmad Mustain Billah mengatakan dari total jumlah CJH  terdapat 183 jamaah yang masuk dalam daftar cadangan keberangkatan haji.

"Untuk tahun ini memang Pemerintah Arab Saudi membatasi usia CJH yang diijinkan dengan batasan usia 65 tahun, aturan tersebut bisa saja berubah untuk tahun kedepan, bergantung dan melihat perkembangan kondisi covid 19," ujarnya, Senin (23/5/2022).

Mustain menambahkan dampak kebijakan da. Pandemi covid 19 yang berlangsung selama 2 tahun terakhir ini, turut berimbas terhadap pembatalan keberangkatan ibadah haji yang diajukan calon jamaah ke kantor Kemenang Jember.

"Tercatat sampai hari ini ada sebanyak 386 calon jamaah, faktor pembatalan keberangkatan beragam salah satunya karena jamaah yang sangat berharap dapat segera berangkat ke tanah suci namun karena panjangnya daftar tunggu 32 tahun serta pertimbangan usia sehingga banyak yang beralih untuk melaksanakan ibadah umroh" paparnya.

Sementara CJH asal Kecamatan Balung, Akhmad Sopii mengaku dirinya mendaftar pemberangkatan haji tahun 2012 silam dan baru dijadwalkan dapat berangkat pada tahun 2026 nanti. 

Namun karena saat ini usianya telah menginjak lebih dari 65 tahun sehingga dirinya memilih untuk membatalkan proses pemberangkatan haji dan beralih untuk melaksanakaan ibadah umroh.

"Saya bersama istri sudah sangat ingin berangkat ibadah haji, sudah sekian lama mendaftar namun masih harus masuk daftar tunggu, akhirnya saya  membatalkan pendaftaran haji dan memilih umroh,untuk  pengembalian dikembalikan penuh," pungkasnya. (gl/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar