Wabup Lumajang Pastikan Uang Milyaran Untuk Korban APG Semeru Amanah

KBRN Lumajang : Wakil Bupati Lumajang Jawa Timur memastikan dana yang terkumpul untuk para korban Awan Panas Guguran (APG) Semeru di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lumajang tetap aman dan akan disampaikan sesuai amanah.

Kondisi demikian menyusul adanya pertanyaan dari sejumlah elemen masyarakat Lumajang terkait dana bantuan untuk korban erupsi Semeru yang telah terkumpul di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) senilai milyaran rupiah. 

Menurut Wakil Bupati Lumajang Ir. Indah Amperawati, dana itu menjadi kewenangan Baznas akan tetapi peruntukanya sesuai dengan tujuan dan amanah dari para donatur korban erupsi Semeru

Sesuai dengan amanah dari para donatur, uang itu kemarin telah dikeluarkan dari Baznas untuk dana keperluan loundre yakni menginventarisir baju bekas kemudian disisihkan dan yang masih layak pakai dicuci oleh para asosiasi loundre Lumajang dan menelan dana 102 juta.

"Seluruh baju bekas layak pakai hasil bantuan akan diberikan namun dicuci dulu, kemarin mengeluarkan uang 102 juta lebih,"Katanya  Jumat (20/05/2022)

Uangnya aman di Baznas uang dari para donatur akan diberikan untuk perabotan Rumah korban APG Semeru di Hunian Tetap (Huntab), selain itu juga nantinya akan diberikan kepada para korban untuk modal usaha mereka jika dana masih tersisa.  

"Jadi uangnya masih aman di Baznas jadi jangan kawatir jika masih ada sisa akan dibuat modal usaha bagi mereka terdampak, "Jelasnya. 

Sementara itu Ketua Baznas Lumajang H. Atok Hasan Sanusi S. Sos, ketika dikonfirmasi RRI mengatakan donasi yang terkumpul sampai dengan kemarin untuk korban APG Semeru yakni senilai Rp. 47.409.788.925, sedangkan dana yang sudah tersalurkan Rp. 40.328.619.598.

Atok juga mengatakan untuk pengeluaran antara lain di pergunakan untuk land clearing, pengurukan dan pemadatan lahan relokasi, droping pasir dan air untuk pembangunan huntara, laundry baju layak pakai, pembelian perlengkapan rumah tangga, pengadaan mebeler (kursi tamu) dan yang lainnya.

Selain itu juga pembangunan Huntara dari Donasi yang amanah untuk membangun huntara sekitar 140 huntara.

"Rencana penggunaan dana yang ada di Baznas untuk memenuhi kebutuhan isi huntap huntara, pembangunan fasum fasos, seperti RTH, sarana olah raga, Balai RW, tempat ibadah maupun yang lainya,"Pungkasnya. (ka/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar