Gunung Raung Keluarkan Kabut Asap, BPBD Jember : Fenomena Normal

KBRN,Jember: Gunung Raung yang terletak di perbatasan tiga kabupaten yakni Jember, Bondowoso dan Banyuwangi, Kamis (19/5/2022), terpantau mengeluarkan kepulan asap tebal terlihat dari lokasi puncak gunung membumbung tinggi ke atas langit. 

Asap terlihat mengarah ke sisi utara lereng gunung berapi aktif yang ada di bagian timur Kabupaten Jember. 

Namun fenomena itu dinilai normal karena menjadi bagian aktifitas vulkanik dari gunung berapi.

Sekertaris BPBD Jember, Heru Widagdo mengatakan berdasarkan Laporan yang diterima dari PVMBG, hingga saat ini status gunung raung masih dinyatakan normal.

"Dari laporan yang disampaikan oleh petugas pos pantau gunung berapi gunung raung sampai hari ini statusnya masih normal," ujarnya.

Heru menambahkan kendati dalam status normal namun pihaknya tetap menghimbau bagi warga sekitar lereng gunung raung agar tidak mendekati radius terdekat kawah gunung raung. 

Diwilayah Kabupaten Jember terdapat tiga kawasan yang lokasi sebagai kawasan terdekat lereng gunung raung diantaranya Kecamatan Sumberjambe, Ledok Ombo dan Silo.

"Untuk diwilayah ataupun desa yang terdekat dengan lereng gunung raung, BPBD telah memetakan dan membuat jalur evakuasi, sehingga saat terjadi peningkatan aktifitas gunung raung, warga telah teredukasi dan tau langkah-langkah yang dilakukan untuk menyelamatkan diri," pungkasnya.  (gl/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar