Setelah Menteri BUMN, Hari Ini Menko Polhukam Sowan ke KHR Achmad Azaim Ibrahimy

(Dari kanan) Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi

KBRN, Situbondo: Setelah Menteri BUMN Erick Tohir bersilaturrahim ke Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, KHR Achmad Azaim Ibrahimy, pada Sabtu 14 Mei 2022, hari ini giliran Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, yang sowan ke Kiai Azaim, Senin (16/5/2022).

Sebelum ramah tamah dengan keluarga besar Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Mahfud MD melakukan ziarah ke Makam Pahlawan Nasional KHR As'ad Syamsul Arifin, didampingi oleh Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Achmad Azaim Ibrahimy dan Ketua DPP MUI Bidang Fatwa, yang juga menjabat sebagai Wakil Rais Aam PBNU, KH Afifuddin Muhajir.

"Kedatangan saya hanya silaturrahim biasa. Sudah tiga tahun saya tidak ke pesantren ini. Padahal kalau dulu saat menjadi mahasiswa, pengasuhnya waktu itu KHR As'ad Syamsul Arifin, saya sering sowan kesini," ujar Mahfud MD, usai ramah tamah dengan keluarga besar pesantren.

Mahfud MD mengapresiasi tentang penanganan COVID-19 di Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo. Katanya, pesantren asuhan Kiai Azaim ini merupakan salah satu pondok pesantren di Indonesia yang paling aman dari virus corona, yang dalam kurun waktu dua tahun menyerang bangsa Indonesia. 

"Saat ini COVID-19 sudah lewat. Dari pandemi, menuju era endemi. Artinya, penyakit ini sudah seperti flu biasa, penanganannya pun juga biasa," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Dr.Khoirul Anwar mengaku, kunjungan Menko Polhukam Mahfud MD, hanya silaturahim. Namun sudah menjadi protokol pesantren, bahwa setiap tamu yang datang, harus ziarah ke Makam Pahlawan Nasional KHR As'ad Syamsul Arifin, sebelum sowan ke pengasuh.

"Kunjungan Pak Mahfud MD kami dapat kabar Sabtu kemarin. Dan malam Minggunya ada protokol kementerian yang menyampaikan bahwa Mahfud MD hanya mau sowan ke Kiai Azaim. Namun kami arahkan bahwa setiap tamu pesantren, harus ziarah makam terlebih dulu," bebernya.

Kata Khoirul Anwar, dalam acara ramah tamah bersama Keluarga Besar Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Mahfud MD bertanya soal penanganan COVID-19 di pesantren. Sebab pesantren Sukorejo, merupakan salah satu pesantren yang disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19, sesuai dengan arahan pemerintah termasuk vaksinasi.

"Pesantren melaksanakan sesuai dengan prokes yang berlaku. Tamu yang keluar masuk harus menjalani karantina. Vaksinasi terhadap ribuan santri juga kami lakukan," ujarnya.

Pantauan RRI, usai doa bersama di Makam Pahlawan Nasional, yang dipimpin oleh Wakil Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, KH Afifuddin Muhajir, Mahfud MD melakukan tabur bunga, dan shalat dhuhur berjemaah bersama ribuan santri. 

Rombongan Menko Polhukam Mahfud MD ini bertolak dari pesantren sesuai rencana, yaitu tepat pukul 13.00 WIB. Awalnya, rombongan Menko Polhukam itu akan hadir di pesantren pada pukul 12.00 WIB, namun ternyata rombongan datang lebih awal yaitu pukul 11.30 WIB.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar