Jadi Akses Ekonomi, Warga Tlogosari Keluhkan Jalan Rusak

Warga Desa Brambang Darussalam, Kecamatan Tlogosari Mengeluhkan Akses Jalan Yang Rusak Parah Kepada Bupati

KBRN, Bondowoso : Sejumlah warga Desa Brambang Darussalam, Kecamatan Tlogosari dalam kondisi rusak parah. Nampak, di salah satu titik jalan yang berada di bibir jurang terancam longsor karena mulai terjadi keretakan tanah.

Kepala Desa Brambang, Mulyadi, mengaku telah berupaya semaksimal mungkin agar jalan menuju desa yang dipimpinnya lekas diperbaiki oleh pemerintah daerah. Namun sayang, usulannya lewat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) dalam beberapa tahun terakhir tak membuahkan hasil. 

"Pemdes sudah mengusulkan perbaikan ketika Musrembang. Tapi masih belum membuahkan hasil. Itu kan jalan poros. Kalau jalan lingkungan secara bertahap sudah kita rencanakan perbaikan setiap tahunnya," terangnya, Jumat (28/1/2022).

Kades yang kembali menjabat di periode keduanya itu berharap warga Brambang yang berada di kaki gunung raung merasakan manfaat dari visi-misi pasangan Salwa Arifin dan Irwan Bachtiar Rahmat. Yakni membangun Bondowoso dari pinggiran. 

Menurutnya, mewujudkan misi membangun Bondowoso dari pinggiran salah-satunya baiknya juga dilakukan di Desa Brambang.

"Brambang ini terletak di pinggiran. Terletak di ujung timur Kecamatan Tlogosari. Jika ada perbaikan jalan di sini tentu masyarakat merasakan betul janji politik pemerintah," ucapnya.

Ia tak menampik jika sebelumnya telah ada pembangunan jalan. Kendati demikian, pelaksanaan pengaspalan jalan Brambang masih jauh dari kata selesai. Dari total 3 kilometer jalan Brambang, baru 400 meter yang tersentuh pengaspalan.

"Terakhir 2019 dapat 150 meter," bebernya.

Sementara itu, menurut warga setempat, Pak Nizam, mengatakan, kondisi jalan rusak sudah lebih dari 4 tahun tanpa ada perbaikan.

"Di atas sungai sana sudah retak separuh jalannya. Kalau yang jalan lurus itu rusak parah. Ya kalau bisa segera diperbaiki. Tolong bapak-bapak pemerintah, Bupati, jalan kami dibuat enak untuk dilewati," katanya.

Ia berharap pemerintah daerah segera melakukan perbaikan. Agar selain nyaman untuk dilewati, juga supaya aman dari ancaman bencana. Mengingat jalan tersebut salah satu akses ekonomi warga. (san/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar