Infrastruktur Dibenahi, Kawah Ijen Urutan Tertinggi Kunjungan Wisatawan di Bondowoso

KBRN, Bondowoso : Kunjungan wisata di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, sepanjang Tahun 2021 mencapai 188.360.

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora). Kunjungan tertinggi untuk destinasi wisata alam (DWA) pertama tentu Kawah Ijen, dengan kunjungan 41.299.

Sementara untuk kategori DWA posisi kedua yaitu Pemandangan Alam Arak-Arak dengan kunjungan 8.656; dan Lava Basaltis Plalangan di posisi ketiga dengan jumlah kunjungan 8.507.

Di posisi keempat ada Kawah Wurung dengan kunjungan 6.501; di posisi kelima dengan kunjungan 5.248 ditempati wisata pemandian Kali Pait.

Sementara di posisi keenam adalah Batu So'on Solor Kecamatan Cermee, atau bisa disebut Stonehenge Van Java dengan jumlah kunjungan 4.944.

Kabid Peristiwa pada Disparbudpora Kabupaten Bondowoso, Arif Setyo Raharjo mengatakan, kunjungan wisata saat Natal dan tahun baru (Nataru) terbesar pada destinasi yang dikelola oleh Pemkab, atau Pemkab dengan Perhutani yaitu Batu So'on Solor, Kawah Wurung, dan Plalangan.

"Kaitannya dengan Batu So'on Solor, Pemkab masukkan area itu sebagai salah satu situs Ijen Geopark," katanya, Kamis (27/1/2022).

Menurutnya, penambahan infrastruktur dan prasarana di Solor terus dibenahi di Tahun 2021, melalui Anggaran DAK (dana alokasi khusus) pariwisata.

Diantaranya pemenuhan lokasi parkir, fasilitas kebersihan, penambahan toilet, playground, foodwalk, dan penambahan infrastruktur agar pengunjung lebih dekat dengan Batu So'on. 

"Kita bangun jalan untuk menuju lebih dekat ke titik batu. Itu yang banyak menjadi perhatian masyarakat sih," paparnya, Sabtu.

Menurutnya, salah satu fokus di Tahun 2021-2022 adalah pembangunan sarana dan prasarana di kawasan Ijen-Raung Geopark dan Solor. Dua kawasan KSPK (Kawasan Strategis Pariwisata Kabupaten) itu yang dibangun.

"Tahun ini Paltuding, Kawah Wurung dan Megasari. Karena kemarin Batu So'on Solor dan Plalangan kita selesaikan. Kalau wisata alam Batu So'on Solor Bondowoso tinggal tambahan sedikit-sedikit," jelasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar