Jadi Sarana Pemulihan Ekonomi, Banyuwangi Festival 2022 Siap Diluncurkan

KBRN, Banyuwangi : Ajang atraksi pariwisata Banyuwangi Festival (B-Fest) 2022 akan segera diluncurkan di Gelanggang Seni Budaya (Gesibu) Blambangan, besok Rabu (16/1/2022). Dalam peluncurannya, beragam ajang mulai seni-budaya, olahraga, tradisi, hingga wisata alam, siap diselenggrakan disepanjang tahun 2022, sekaligus sebagai ajang pemulihan ekonomi di Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, Banyuwangi Festival menjadi sarana untuk menggapai tiga hal. Pertama, merawat dan mengembangkan beragam kearifan lokal di Bumi Blambabgan, mulai dari seni, budaya, hingga relasi sosial antar-umat, yang keduda mendorong pemulihan ekonomi lewat beragam atraksi yang digelar.

“Kita harapkan pelaku seni-budaya, pelaku wisata, kuliner, UMKM, oleh-oleh bergerak, sehingga memicu berbagai sektor lain termasuk pertanian-perikanan. Ini termasuk bagian dari gerakan Banyuwangi Rebound pada aspek pemulihan ekonomi,” jelas Ipuk, Selasa (25/1/2022).

Kemudaian yang ketiga adalah menjadi sarana konsolidasi gerak pemerintah daerah dan seluruh stakeholder yang ada.

“Di sini ada gotong royong, karena pemda bersama masyarakat bergerak bersama dalam setiap atraksi. Kemudian juga melebur ego sektoral, karena semua organisasi perangkat daerah saling support dalam menjalankan program ini,” tutur Ipuk.

Penyelenggaraan B-Fest sendiri, akan menerapkan hybrid concept yang memadukan sistem pertunjukan daring dan luring sekaligus. Hal ini sebagai siasat di tengah pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai.

“Tentu saja, di tengah pandemi ini, untuk pelaksanaanya tetap menggunakan hybrid concept. Kita rancang sedemikian rupa agar tetap memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penonton maupun bagi para pelaku kesenian,” terangnya.

Pada B-Fest kali ini, direncanakan akan ada 99 event. Beragam atraksi seni-budaya siap digeber. Mulai Festival Gandrung Sewu, Festival Tari Kreasi, Festival Kucur, Festival Janger Milenial, Batik Festival, dan Festival Angklung Caruk. Selain itu, ada Festival Sholawat hingga Festival Pangan Non-Beras.

Bukan itu saja, sederet event baru juga bakal mewarnai B-Fest tahun ini, seperti kompetisi selancar paling bergengsi di dunia, World Surf League (WSL). Juga ada Festival Paralayang, dan Ijen Geopark Downhill, yang akan menghadirkan beberapa rider nasioal, yang siap melibas sirkuit yang berada dilereng gunung Ijen. (sum/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar