Pemkab Bondowoso Perjuangkan Serapan Tenaga Kerja Bagi Difabel

KBRN, Bondowoso: Pemkab Bondowoso melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Bondowoso akan memperjuangkan para penyandang disabilitas di sektor tenaga kerja.

Kepala Dinsos P3AKB Bondowoso, Anisatul Hamidah mengungkapkan, pihaknya akan berkomunkasi dengan OPD terkait, agar mensosialisasikan kepada para pengusaha untuk mengakomodir tenaga kerja difabel.

" Itu yang harus kita komunikasikan nanti dengan DPMPTSP Naker, supaya ada satu himbauan kepada pengusaha, kepada perusahaan supaya mengakomodir disabilitas," paparnya, Selasa (25/1/2022).

Dijelaskannya, salah satu penyandang tuna netra di Bondowoso berhasil diterima menjadi Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (P3K). Saat ini yang bersangkutan menjadi pembawa acara dalam tiap kegiatan.

" Alhamdulillah, mereka juga punya hak untuk mendapatkan pekerjaan yang layak di instansi-instansi yang terus kita perjuangkan," terangnya.

Meskipun dengan anggaran terbatas, pemenuhan hak para disabilitas di Bondowoso harus tetap dilakukan. Ketika terdapat pengaduan tentang disabilitas, biasanya akan ditanyakan terlebih dahulu terkait hak dasar mereka. 

Hak dasar dimaksud yakni mulai dari hak mendapatkan administrasi kependudukan, hak terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), bagi disabilitas yang tidak mampu, sehingga yang bersangkutan dapat memperoleh BPJS. 

Dengan keterbatasan anggaran, pemerintah akan terus melakukan berbagai inovasi untuk mencukupi kebutuhan disabilitas. Termasuk menjalin kerjasama dengan berbagai OPD, Komunitas dan organisasi kemasyarakat terkait lainnya. (san/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar