Diskoperindag Sidak Pasmod, Pastikan Harga Minyak Goreng Rp14.000 per liter

Diskoperindag melakukan sidak di beberapa pasar modern di wilayah kota. Memastikan harga minyak goreng kemasan Rp14.000 per liter. Kamis (20/1/2022) (Foto Diana Arista)

KBRN, Situbondo : Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar modern, untuk memastikan harga minyak goreng kemasan sesuai dengan kebijakan Kementerian Perdagangan RI, yakni 14.000 per liter.

Kabid Perdagangan, Diskoperindag Situbondo, Ruben Pakilaran mengaku, setelah melakukan pengecekan di sejumlah pasar tradisional pada Kamis (20/1/2022), harga minyak goreng kemasan untuk semua merek dijual sesuai dengan kebijakan Menteri Perdagangan, yakni Rp14.000 per liter. 

“Harganya sudah sesuai, hanya saja stok minyak goreng di sejumlah pasar modern di wilayah kota sedang kosong. Kata petugasnya, mulai kemarin pagi hingga tadi malam diborong warga,” ujar Ruben di sela sidak. 

Selain memantau harga minyak goreng di sejumlah pasar modern, pihaknya juga memantau harga minyak goreng curah di beberapa pasar tradisional, yang harganya masih tinggi yaitu Rp19.000 per liter. 

“Pagi tadi harga minyak curah di sejumlah pasar tradional, seperti di Pasar Besuki, Asembagus, termasuk di wilayah kota, masih seperti biasa, Rp19.000 per liter,” tegasnya.

Kata Ruben, harga minyak goreng di pasar tradisional menyesuaikan dengan harga kulakan yang saat itu masih tinggi. Kondisi ini cukup dilematis, karena di satu sisi harga minyak kemasan sudah disubsidi oleh pemerintah pusat sehingga harganya turun menjadi Rp14.000 per liter.  

“Kondisi ini memang sulit, karena ini kebijakan pemerintah pusat, yang bekerjasama dengan Asosiasi Pedagang Ritel Indonesia (Aprindo) dalam hal ini pasar modern,” kata Ruben.

Ruben mengaku, Diskoperindag hanya sebatas mengawasi harga minyak goreng sesuai dengan kebijakan dari Kementerian Perdagangan. Apalagi, pemerintah daerah memang tidak dilibatkan dalam kebijakan penetapan satu harga ini.

"Kami sebatas mengawasi, apakah harga minyak goreng di pasar modern Rp14 ribu per liter, sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar