FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Ajak Masyarakat Berdonasi, Banyuwangi Buka Posko Bantuan Erupsi Gunung Semeru

KBRN, Banyuwangi : Selain mengirim tim relawan dan bantuan paket sembako kepada warga terdampak erupsi Gunung Semeru Lumajang, Pemkab Banyuwangi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) Banyuwangi membuka posko bantuan erupsi Gunung Semeru.

Sekretaris BPBD Banyuwangi, Mujito mengatakan, donasi ini dibuka untuk membantu warga yang ingin menyalurkan bantuannya kepada warga Lumajang yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Warga bisa langsung menyalurkan bantuannya ke posko yang ada di dia lokasi tersebut.

"Kami tidak menerima bantuan berupa uang. Kalau ada warga yang ingin membantu dengan uang, kami sarankan menyalurkannya melalui Baznas atau institusi yang menggalang dana berupa uang, karena bantuan yang diterima yakni sembako, makanan tambahan gizi, perlengkapan kebutuhan bayi dan balita, peralatan mandi, pakaian baru, dan selimut. " kata Mujito, Rabu (8/12/2021).

Mujito berharap, dengan adanya posko bantuan ini, penyaluran bantuan bisa satu pintu agar pelaporannya jelas, meskipun ada yang memberikan bantunnya di kantor Dinas Sosial, nanti pelaborannya sama, karena memang Posko utama tetap satu pintu di BPBD.

"Jangan sampai ada oknum yang memanfaatkan keadaan, meminta sumbangan untuk digunakan sebagai keperluan pribadi," harapnya.

Setelah terkumpul, secara bertahan bantuan akan dikirimkan langsung menuju Lumajang, dan pendistribusiannya akan diberikan kepada BPDB Provinsi, agar bisa tetap sasaran dan tidak terjadi penumpukan disatu titik. (sum/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar