Kampung Blekok Juara 1 ADWI Kategori Rintisan

Bupati Situbondo Karna Suswandi (tengah) saat menerima penghargaan ADWI 2021, Kampung Blekok sebagai Juara 1 Desa Wisata Kategori Rintisan. Selasa (7/12/2021) (Foto istimewa)

KBRN, Situbondo : Wisata Kampung Blekok di Desa Klatakan Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mendapatkan juara 1 Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 Kategori Rintisan.

Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Situbondo, Karna Suswandi dalam acara Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang berlangsung di Jakarta, Selasa (7/12/2021) malam.

"Semoga ini menjadi awal bagi bangkitnya wisata di Kabupaten Situbondo," ujar Karna Suswandi melalui telepon selulernya.

Bung Karna, sapaan Karna Suswandi mengaku, penghargaan ini diluar perkiraan, mengingat ada 50 nominator ADWI 2021 yang tersebar di seluruh penjuru negeri, yang ikut memperebutkan juara ADWI dengan tema "Indonesia Bangkit" ini.

"Terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada pengelola Kampung Blekok, sehingga bisa meraih prestasi yang luar biasa ini," bebernya.

Kata Bung Karna, wisata merupakan salah satu pengungkit perekonomian di daerah. Oleh karena itu, predikat sebagai juara 1 kategori rintisan ini, diharapkan mampu menggeliatkan perekonomian di Situbondo, yaitu dengan bertambahnya jumlah kunjungan wisata.

"Ketika jumlah kunjungan bertambah, maka akan memberikan dampak positif kepada masyarakat Situbondo, sebab akan ada perputaran rupiah disini," bebernya.

Ia berharap, semua destinasi wisata yang ada di Situbondo, mampu menjadi wisata dengan kategori berkembang bahkan maju. Dan ini bukan tidak mungkin, karena Kampung Blekok bisa terpilih sebagai juara 1 ADWI Kategori Rintisan.

"Ke depan, pemerintah akan lebih serius lagi memberikan dukungan untuk kemajuan wisata di Situbondo," katanya.

Pantauan RRI, Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan penghargaan melalui ADWI 2021. Salah satunya desa wisata dengan kategori rintisan. 

Ada lima desa wisata kategori rintisan yang dinobatkan sebagai juara. Juara pertama diraih oleh Desa Wisata Kampung Blekok, diikuti oleh Desa Wisata Pandanrejo, Desa Wisata Rigis Jaya, Desa Wisata Tipang dan Desa Wisata Cikolelet.

Diinformasikan sebelumnya, Kampung Blekok merupakan wisata edukasi dengan mengenal alam. Merupakan kawasan konservasi mangrove yang saat ini luasnya mencapai 27 hektare.

Memiliki pesona alam luar biasa, karena dihuni ribuan burung air dari berbagai spesies diantaranya blekok, kuntul dan lainnya. Saat senja tiba, ribuan burung itu tampak indah berkumpul di rerimbunan mangrove. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar