FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Banyuwangi Kirim Relawan dan Bantuan ke Lumajang

KBRN, Banyuwangi : Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mengirim tim relawan dan bantuan paket sembako, ke Lumajang, untuk membantu warga terdampak erupsi Gunung Semeru, Minggu (5/12/2021). Tim Banyuwangi Peduli Semeru yang terdiri dari tenaga kesehatan, Taruna Siaga Bencana (Taggana), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, tersebut telah diberangkatkan ke Lumajang, dilepas oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Banyuwangi, Mujiono.

Mujiono menjelaskan tim Banyuwangi  Peduli Semeru terdiri dari lima personil BPBD serta satu truk tanki air bersih, satu mobil sembako dan alat pelindung diri (APD), 10 personil Taggana, empat personil tenaga kesehatan, satu mobil rescue, satu ambulance, dan satu mobil dapur umum.

"Khusus untuk dapur umum telah menyiagakan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan oleh BPBD Jatim," kata Mujiono, Minggu (5/12/2021).

Mujiono berpesan agar para tim relawan Banyuwangi bisa berkoordinasi dengan baik bersama para tim BPBD Jawa Timur, sehingga bisa tepat dan cepat dalam memberikan pertolongan dan bantuan bagi para pengungsi dampak erupsi Gunung Semeru.

"Koordinasi yang baik dengan tim yang ada di Lumajang. Patuhi perintah, dan yang terpenting selalu jaga keselamatan dan kesehatan," tambah Mujiono.

Sebegai informasi pada Sabtu (4/12/2021), Gunung Semeru yang berada diperbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang, mengalami erupsi, dampak dari bencana tersebut mengakitakan jembatan Gladak Perak, yang merupakan jalur utama Lumajang Malang, putus total, sehingga warga yang berada di dua kecamatan yakni Kecamatan Pronojiwo dan Tempursari terisolasi karena tidak ada akses jalan lagi menuju Malang maupun Kota Lumajang. (sum/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar