Situbondo Dapat Penghargaan PPID Terbaik se-Jatim

KBRN, Situbondo : Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten penyedia layanan informasi publik terbaik se Jawa Timur.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Situbondo, Dadang Aries Bintoro, penghargaan ini sudah kedua kalinya disematkan kepada Pemkab Situbondo.

"Tahun kemarin dan tahun ini, kita mendapat penghargaan kategori penyedia layanan informasi publik terbaik se Jawa Timur," kata Dadang kepada RRI, Jumat (3/12/2021).

Penyematan predikat terbaik tersebut setelah Komisi Informasi Jatim melaksanakan monitoring dan evaluasi untuk menilai badan publik, apakah kinerja informasi yang dilakukan oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), telah memenuhi peraturan perundangan dalam pengelolaannya.

"PPID kabupaten melekat di Dinas Kominfo dan Persandian. Namun setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga ada," terang Dadang.

Dadang menuturkan, pihaknya selama ini telah memberikan layanan permintaan informasi dari masyarakat yang dilayangkan kepada PPID, yang berfungsi sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik sesuai dengan UU 14/2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

"Masyarakat banyak meminta informasi data kegiatan dan anggaran yang melekat di OPD," tegasnya.

Dadang merinci, tugas PPID, di antaranya mengklasifikasi informasi, mengkoordinir dan mengkonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi, mendokumentasikan, menyediakan dan memberi pelayanan informasi yang ada dilingkungannya kepada publik.

"Ada informasi yang setiap saat harus diumumkan, penyedia layanan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat, dan cara pengarsipan. Ini yang dinilai oleh Komisi Informasi," bebernya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar